Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sniper Brigade Al-Qassam Robohkan Unit Elite Pasukan Khusus Shaldag Israel di Beit Hanoun Gaza Utara

Serangan Brigade Al-Qassam ini terjadi saat Tentara Israel melakukan pengadangan terhadap para pengungsi warga Palestina yang berusaha kembali

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sniper Brigade Al-Qassam Robohkan Unit Elite Pasukan Khusus Shaldag Israel di Beit Hanoun Gaza Utara
khaberni
Penembak Jitu Brigade Al Qassam dilaporkan menembak seorang anggota unit pasukan khusus Shaldag Angkatan udara Israel di Gaza Utara, Selasa (16/4/2024). 

Penembak Jitu Brigade Al-Qassam Robohkan Unit Pasukan Khusus Shaldag Israel 
 

TRIBUNNEWS.COM - Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas Palestina, Selasa (16/4/2024) mengumumkan kalau para pejuangnya menembak seorang tentara Israel (IDF) di Beit Hanoun di Jalur Gaza utara.

Penembakan terhadap tentara Israel itu diklaim dilakukan oleh penembak jitu Brigade Al-Qassam.

Belakangan, tentara IDF mengonfirmasi, tentara mereka yang terkena serangan adalah seorang prajurit tempur dari unit pasukan khusus Shaldag.

"Anggota unit pasukan elite Israel itu terluka parah kemarin dalam pertempuran di Gaza utara. Dia dibawa untuk perawatan di Israel dan keluarganya diberitahu," tulis laporan Times of Israel, dikutip Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Pakar Militer: Brigade Al Qassam Hamas Ciptakan Taktik Baru Pertama dalam Sejarah Perang Gerilya

Serangan Brigade Al-Qassam ini terjadi saat Tentara Israel melakukan pengadangan terhadap para pengungsi warga Palestina yang berusaha kembali ke rumah mereka di Gaza Utara dari lokasi-lokasi pengungsian.

Dalam sejumlah laporan, Memo melansir kalau  tentara Israel bahkan menembaki para warga Palestina yang kembali dengan berjalan kaki.

BERITA REKOMENDASI

Israel menyatakan Gaza Utara masih berstatus zona perang dan memerintahkan warga Palestina tidak kembali ke wilayah tersebut.

Klaim Sudah Kendalikan Gaza Utara

Penembakan unit anggota pasukan elite Shaldag Israel oleh Brigade Al-Qassam bukan hanya terjadi kali ini.

Pada akhir Januari silam, unit itu bahkan kehilangan seorang perwira bahkan saat IDF mengklaim sudah mengusai wilayah tersebut.  

Juru bicara Tentara Israel (IDF) mengumumkan kalau, Mayor Yitzhar Hoffman, seorang perwira yang bertugas di bawah Unit Shaldag Angkatan Udara Israel terbunuh pada Rabu (31/1/2024) silam, di Jalur Gaza utara.

Saat itu, selain sang perwira tersebut, setidaknya lima tentara Israel terluka oleh milisi Pembebasan Palestina di Jalur Gaza.

Baca juga: Tak Disangka, Sumber Senjata Brigade Al Qassam Hamas Justru Berasal dari Tentara Israel Sendiri

Kabar tersebut menyeruak di tengah klaim Israel yang menyebut sudah mengendalikan wilayah Gaza Utara.

Sebelumnya, klaim kontrol wilayah itu dinyatakan IDF saat memutuskan menarik mundur sejumlah brigade cadangan mereka dari sejumlah titik di Jalur Gaza termasuk di Gaza Utara dan Khan Yunis, Gaza Selatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas