Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Israel 'serang balik' Iran – Apa yang diketahui sejauh ini

Pejabat AS mengatakan Israel menyerang Iran dengan rudal pada Jumat (19/04), yang disebut sebagai serangan balasan setelah ketegangan…

zoom-in Israel 'serang balik' Iran – Apa yang diketahui sejauh ini
BBC Indonesia
Israel 'serang balik' Iran – Apa yang diketahui sejauh ini 

Sebuah rudal Israel telah menghantam Iran, kata dua pejabat Amerika Serikat kepada mitra BBC AS, CBS News.

Ada klaim yang saling bertentangan mengenai skala insiden yang disebut terjadi di wilayah Isfahan dan tingkat kerusakan yang ditimbulkan, namun media pemerintah Iran mengecilkan signifikansi insiden tersebut.

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan antara kedua negara yang kian memanas di tengah perang di Gaza yang masih berkecamuk.

Sebelumnya, Israel melakukan serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah dan tak lama kemudian, Iran melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang kami ketahui sejauh ini tentang insiden terbaru.

Apa yang terjadi di Isfahan?

Sebuah ledakan terdengar di barat laut Kota Isfahan – yang berjarak sekitar 350 kilometer dari Teheran – pada Jumat (19/04) menurut laporan kantor berita Fars.

Menurut laporan Fars, ledakan itu terjadi di dekat bandara internasional Kota Isfahan. Namun sejauh ini, belum ada penjelasan mengenai kemungkinan penyebabnya.

BERITA TERKAIT

Israel tidak secara rutin mengkonfirmasi aksi militernya, yang dalam banyak kesempatan telah menyasar kelompok bersenjata yang didukung Iran di Suriah dan Irak.

Namun, para pejabat AS telah mengkonfirmasi kepada mitra BBC, CBS News, bahwa sebuah rudal Israel menghantam Iran pada Jumat (19/04) dini hari.

Kemungkinan besar AS sudah diberitahu mengenai rencana tersebut sebelumnya.

Tidak jelas jenis senjata apa yang digunakan atau dari mana senjata tersebut diluncurkan.

Sumber-sumber AS mengatakan sebuah rudal digunakan dalam serangan itu, sementara Iran mengatakan insiden itu hanya melibatkan drone kecil.

Pemerintah Iran mengontrol dengan ketat akses ke negara tersebut. BBC tidak memiliki akses langsung ke wilayah Isfahan, tempat kejadian ini terjadi.

Apa kata Iran mengenai insiden itu?

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas