Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tepi Barat Makin Mirip Gaza: 9 Tentara Israel Roboh di Tulkarm, Blokade Total Obat, Air, dan Makanan

9 tentara Israel roboh selama penyerbuan mereka terhadap kamp Nour Shams di Tulkarm, Tepi Barat yang telah berlangsung selama dua har

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tepi Barat Makin Mirip Gaza: 9 Tentara Israel Roboh di Tulkarm, Blokade Total Obat, Air, dan Makanan
tangkap layar twitter
Kendaraan tempur pengangkut pasukan Israel tampak hangus terbakar terkena bom rakitan milisi perlawanan Palestina di Tulkarem, Tepi Barat, Jumat (19/4/2024). Pertempuran sengit terjadi saat tentara IDF melakukan penyerbuan di wilayah tersebut selama dua hari berturut-turut. 

Tepi Barat Makin Mirip Gaza: 9 Tentara Israel Roboh di Tulkarm, Blokade Total Obat, Air, dan Makanan

TRIBUNNEWS.COM - Tentara pendudukan Israel (IDF) mengumumkan, 9 tentaranya terluka dalam penyerbuan mereka terhadap kamp Nour Shams di Tulkarm, Tepi Barat yang telah berlangsung selama dua hari, menurut media Israel, pada Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, Tentara IDF mengungkapkan kalau 10 warga Palestina terbunuh dalam agresi mereka di kamp warga Palestina tersebut, termasuk petinggi Brigade Tulkarm, cabang dari Brigade AL-Quds, sayap militer gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ).

Baca juga: Pertempuran Sengit di Tulkarem Tepi Barat, Komandan Al-Quds Tewas, Perwira dan Tentara Israel Ambruk

Di sisi lain, Brigade Tulkarm, mengatakan bahwa para petempurnya terus menghadapi dan menargetkan pasukan pendudukan menggunakan “tembakan peluru dan alat peledak yang banyak.”

Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan, 11 orang terluka telah tiba di Rumah Sakit Pemerintah Martir Thabet , dengan rincian 7 orang terluka akibat peluru tajam, dan 4 orang terluka akibat pemukulan oleh tentara pendudukan Israel.

Dua orang terluka dipindahkan ke Rumah Sakit Khusus Al-Isra di kota tersebut, dan kasus semua cedera digambarkan sebagai ringan dan sedang.

Kementerian mengkonfirmasi kalau seorang anggota tim medis Palestina juga mengalami luka penembakan di kaki oleh Tentara IDF saat hendak mengevakuasi korban pertempuran.

BERITA TERKAIT

"Pasukan pendudukan mencegah kru ambulans untuk menjangkau mereka, seorang sukarelawan paramedis terkena peluru tentara pendudukan di kaki," tulis laporan Khaberni.

Menurut Kantor Berita Palestina, Wafa, agresi Tentara IDF tersebut mengakibatkan kematian sedikitnya dua warga Palestina, salah satunya adalah anak Qais Fathi Nasrallah (15 tahun).

Agresi IDF juga mencederai warga lain Palestina, 4 di antaranya tiba di rumah sakit.

"Sementara saksi mata dari dalam kamp mengatakan kalau 5 warga Palestina menjadi korban meinggal dan pasukan pendudukan masih menahan jenazah mereka, dan kru ambulans dicegah untuk menjangkau mereka," tambah laporan itu.

Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan pada Sabtu pagi bahwa mereka dapat memindahkan 7 orang yang terluka akibat peluru pendudukan di kamp Nour Shams ke rumah sakit.

Baca juga: Api Gaza Menjalar ke Tepi Barat: Brigade Tulkarem Himpun Pasukan, Brigade Jenin Duluan Serang Israel

Kendaraan tempur pengangkut pasukan Israel tampak hangus
Kendaraan tempur pengangkut pasukan Israel tampak hangus terbakar terkena bom rakitan milisi perlawanan Palestina di Tulkarem, Tepi Barat, Jumat (19/4/2024). Pertempuran sengit terjadi saat tentara IDF melakukan penyerbuan di wilayah tersebut selama dua hari berturut-turut.

Makin Mirip Gaza, Perlawanan Makin Menjadi-jadi

Konfrontasi di Tepi Barat antara warga Palestina yang kemudian melebur menjadi milisi-milisi dan tentara IDF memang makin intensif seiring berlarutnya Perang Gaza dan aksi repsresif pihak pendudukan.

Dilaporkan, aksi Tentara IDF dan bentuk perlawanan dari warga Palestina di Tepi Barat membuat wilayah tersebut makin mirip Jalur Gaza.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas