Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Lakukan Latihan Simulasi 'Pemicu Nuklir' yang Pertama, Kim Jong Un Pantau Langsung

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memandu latihan penembakan peluncur roket ganda super besar yang menyimulasikan serangan balik nuklir.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Korea Utara Lakukan Latihan Simulasi 'Pemicu Nuklir' yang Pertama, Kim Jong Un Pantau Langsung
KCNA
Kim Jong Un selama latihan simulasi "pemicu nuklir", 22 April 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memimpin latihan taktis untuk mensimulasikan serangan balasan nuklir, Senin (22/4/2024), lapor media pemerintah negara tersebut sehari setelah agenda tersebut.

Sebelumnya, negara tetangga telah melaporkan aktivitas peluncuran beberapa rudal balistik di perairan timur Semenanjung Korea.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan rezim Kim Jong Un untuk pertama kalinya menguji mekanisme komando dan kontrol kekuatan nuklir yang dinamai "Haekbangashoe", yang secara harfiah berarti "pemicu nuklir".

Aktivitas ini menandakan keenggangan Korea Utara untuk menaati resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang uji coba rudal balistik dan latihan militer skala besar di dekat perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, Newsweek melaporkan.

KCNA menyalahkan ketegangan yang sangat tinggi di semenanjung Korea adalah akibat “demam perang ekstrem” yang dialami Amerika Serikat dan sekutunya Korea Selatan, yang sedang melakukan latihan udara gabungan mereka sendiri.

Foto-foto yang diterbitkan oleh KCNA menunjukkan empat peluncuran rudal yang dikatakan sebagai “unit roket ganda super besar” berukuran 600 milimeter.

Gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea pada tanggal 23 April ini menunjukkan peluncuran rudal balistik Korea Utara selama simulasi latihan serangan balik pada hari sebelumnya yang menampilkan sistem manajemen 'pemicu nuklir' negara tersebut.
Gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea pada tanggal 23 April ini menunjukkan peluncuran rudal balistik Korea Utara selama simulasi latihan serangan balik pada hari sebelumnya yang menampilkan sistem manajemen 'pemicu nuklir' negara tersebut. (KCNA)

Unit tersebut diklaim akan memainkan peran penting dalam potensi serangan balasan nuklir di masa depan yang dilakukan melalui sistem Haekbangashoe.

BERITA REKOMENDASI

Proyektil tersebut secara akurat mengenai sasaran darat pada jarak 352 kilometer, kata laporan itu.

"Unjuk kekuatan ini merupakan sinyal peringatan yang jelas kepada musuh karena dilakukan pada saat konfrontasi militer musuh terhadap DPRK dilakukan dengan sifat yang sangat provokatif dan agresif," kata KCNA, menggunakan nama resmi Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea.

Kim Jong Un dilaporkan memuji ketepatan sistem senjata tersebut, dan menyamakannya dengan penembakan senapan penembak jitu.

Pada hari Senin, Korea Selatan dan Jepang masing-masing melaporkan deteksi dugaan rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan dari Pyongyang ke Laut Timur, yang lebih dikenal sebagai Laut Jepang, sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Baca juga: 38 North Ungkap Dugaan Animator Korea Utara Ciptakan Kartun untuk Perusahaan Barat

Bulan lalu, kedua negara tersebut bersama AS, mengumumkan pengaktifan mekanisme berbagi data rudal secara real-time untuk memantau peluncuran rudal Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pihaknya melacak sebuah roket yang telah menempuh jarak 185 mil sebelum jatuh ke air.

Ketinggian dan perkiraan waktu penerbangan menunjukkan bahwa rudal Korea Utara dirancang untuk mencapai lokasi di Selatan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas