Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Israel: Pertahanan Udara AS Gagal Cegat Rudal Iran, Cuma 2 dari 6 yang Ditembak Jatuh

Cuma 2 dari 8 rudal balistik Iran yang mampu ditembak jatuh oleh pertahanan udara AS, menurut Radio Tentara Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Media Israel: Pertahanan Udara AS Gagal Cegat Rudal Iran, Cuma 2 dari 6 yang Ditembak Jatuh
Ist
Rudal balistik Iran diluncurkan ke Israel. Radio Tentara Israel belakangan mengklaim kalau sistem pertahanan udara AS gagal mencegat rudal Iran yang ditembakkan ke Israel. 

Media Israel: Pertahanan Udara AS Gagal Cegat Rudal Iran

TRIBUNNEWS.COM - Bantuan dari pertahanan udara Amerika Serikat (AS) pada bulan lalu dilaporkan gagal mencegat sebagian besar rudal balistik Iran yang ditembakkan ke Israel, kata media Israel pada Rabu (1/5/2024).

Radio Angkatan Darat Israel mengatakan, hanya dua dari delapan rudal balistik yang diluncurkan dari laut yang ditembak jatuh oleh pertahanan udara AS.

Baca juga: Situs Radar Nuklir Disebut Kena Rudal Israel, Menlu Iran: Balasan Kami Berikutnya di Level Maksimum

Hal ini berbeda dari klaim AS yang menyebut kalau pihaknya menembak jatuh hampir semua drone dan rudal yang ditembakkan Iran ke Israel.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan oleh lembaga penyiaran Israel tersebut, yang tidak mengutip sumber mana pun atas klaimnya.

Belum ada komentar langsung dari AS mengenai laporan tersebut.

Baca juga: Iran Kirim Senyuman, 500 Drone Cuma Dibalas 3 Drone yang Semuanya Dilumpuhkan, Israel: Pemanasan

Pengawal Revolusi Iran Meluncurkan Drone Kamikaze dan Rudal Balistik, menunjukkan ledakan menerangi langit di Hebron dan Tel Aviv selama serangan Iran terhadap Israel. Minggu (14/4/2024). Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak dan rudal sedang dilakukan terhadap Israel, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada tanggal 1 April di konsulatnya di Damaskus. (Twitter-X / HO)
Pengawal Revolusi Iran Meluncurkan Drone Kamikaze dan Rudal Balistik, menunjukkan ledakan menerangi langit di Hebron dan Tel Aviv selama serangan Iran terhadap Israel. Minggu (14/4/2024). Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak dan rudal sedang dilakukan terhadap Israel, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada tanggal 1 April di konsulatnya di Damaskus. (Twitter-X / HO) (Twitter-X/Twitter-X)

Pada tanggal 14 April Iran meluncurkan serangan drone dan rudal ke Israel, yang merupakan serangan langsung pertamanya ke negara pendudukan.

BERITA REKOMENDASI

Teheran mengatakan serangan itu merupakan respons terhadap serangan tanggal 1 April terhadap konsulatnya di Suriah, yang menewaskan tujuh penasihat militernya.

Israel dan AS mengatakan pada saat serangan terjadi bahwa sebagian besar rudal dan drone Iran ditembak jatuh sebelum mencapai Israel.

Israel menanggapi serangan Iran seminggu kemudian dengan melakukan serangan pesawat tak berawak ke pangkalan militer di pusat kota Isfahan, yang diklaim telah digagalkan oleh pihak berwenang Iran.

11 Hal Seputar Serangan Iran Terhadap Israel

Mengutip The Guardian, berikut 11 hal yang perlu diketahui mengenai serangan tersebut.

1. Pemicu serangan

Iran menyerang Israel dengan ratusan drone serta rudal jelajah.

Ini adalah serangan langsung pertama Iran terhadap Israel sebagai tanggapan atas serangan 1 April terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus.

Serangan gedung konsulat itu menewaskan seorang tokoh senior di Garda Revolusi Islam, dan delapan perwira lainnya.

2. Dalang serangan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas