Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Profesor Jurnalisme Desak NYT untuk Revisi Laporan Kekerasan Seksual Hamas 7 Oktober

Surat dari 50 profesor jurnalisme menyerukan peninjauan independen atas artikel NYT yang belum diverifikasi tentang kekerasan seksual pada 7 Oktober.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Puluhan Profesor Jurnalisme Desak NYT untuk Revisi Laporan Kekerasan Seksual Hamas 7 Oktober
Office for Visual Interaction
Gedung The New York Times. Dalam artikel mengulas tentang profesor jurnalisme yang menyerukan peninjauan independen atas artikel NYT yang belum diverifikasi tentang kekerasan seksual pada 7 Oktober. 

TRIBUNNEWS.COM - Lebih dari 50 profesor jurnalisme menulis surat tuntutan kepada New York Times (NYT).

Dilansir New Arab, mereka mendesak dilakukannya peninjauan independen atas artikel kontroversial soal tuduhan kekeran seksual yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

Para profesor, yang sebagian besar adalah jurnalis sebelum pindah ke dunia akademis, menyerukan peninjauan menyeluruh terhadap artikel 'Jeritan Tanpa Kata: Kekerasan Seksual pada 7 Oktober'.

Artikel itu memuat tuduhan yang belum diverifikasi mengenai kekerasan seksual terhadap perempuan Israel selama serangan 7 Oktober yang dipimpin Hamas.

Para jurnalis tersebut menyampaikan surat kepada penerbit NYT, A.G. Sulzberger, editor eksekutif Joe Kahn, dan editor internasional Philip Pan.

Mereka menyerukan pembentukan komisi pakar jurnalisme untuk memeriksa proses pelaporan, penyuntingan, dan penerbitan berita tersebut.

Artikel tersebut mendapat sorotan tak lama setelah diterbitkan pada bulan Desember.

BERITA TERKAIT

Artikel itu ditulis oleh 2 jurnalis lepas "tidak berpengalaman" yang berbasis di Israel.

Salah satunya adalah Anat Schwartz, yang disebut-sebut sebagai "mantan pejabat intelijen Angkatan Udara".

Anat Schwartz
Anat Schwartz (Times Now)

Schwartz memutuskan hubungan dengan New York Times setelah terungkap bahwa dia "menyukai" postingan media sosial yang menyerukan agar Gaza diubah menjadi rumah jagal.

“Tampaknya kepercayaan luar biasa ditanamkan pada individu-individu ini dan Times harus menjelaskan kepada publik tentang keadaan yang membenarkan ketergantungan yang tidak biasa pada pekerja lepas untuk berita penting seperti itu,” tulis para profesor, termasuk Mohamad Bazzi dari Universitas New York, Shahan Mufti dari Universitas Richmond, dan Jeff Cohen, yang pensiun dari Ithaca College.

NYT menerbitkan laporan panjang pada akhir tahun lalu, yang merinci berbagai laporan kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh anggota Hamas.

Laporan itu disebut dikumpulkan dari wawancara dengan para saksi, keluarga korban, pekerja darurat dan pejabat.

Namun, beberapa tuduhan dengan cepat dibantah oleh video resmi yang dirilis oleh militer Israel dan akun terverifikasi oleh penduduk Kibbutz Be'eri, yang diserang pada tanggal 7 Oktober.

Baca juga: New York Times: Realitas Timur Tengah Tak Dapat Disangkal, Bentrokan Makin Sulit Dibendung

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas