Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Tembakkan 2.500 Peluru Tiap Hari: Jika Chasiv Yar Jatuh, Seluruh Donbass Terancam Takluk

Perang di kota Chasiv Yar (di Rusia disebut Chasov Yar) di wilayah Donetsk terus terjadi dan pasukan Rusia disebut sedikit demi

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Rusia Tembakkan 2.500 Peluru Tiap Hari: Jika Chasiv Yar Jatuh, Seluruh Donbass Terancam Takluk
Telegram/Ukrinsform
Pasukan Ukraina melakukan perlawanan menyerang Rusia 

TRIBUNNEWS.COM - Perang kota di Chasiv Yar (di Rusia disebut Chasov Yar) di wilayah Donetsk terus terjadi dan pasukan Rusia disebut sedikit demi sedikit terus mendesak militer Ukraina.

Kepala Administrasi Militer Daerah Donetsk Vadym Filashkin, mengatakan pasukan Ukraina terus terdesak dengan jumlah dan senjata seadanya melawan pasukan Vladimir Putin.

“Pasukan Rusia akan masuk ke jantung Ukraina jika mereka berhasil merebut kota garis depan Chasiv Yar dan wilayah Donbass yang lebih luas,” kata Vadym Filashkin dikutip dari Ukrinform.

Baca juga: Rusia Peringati Hari Kemenangan pada 9 Mei 2024, Pamer 70 Sistem Senjata di Parade Militer

Dia mengatakan pasukan Vladimir Putin berusaha menerobos garis pertahanan Ukraina timur, dengan 1.500 hingga 2.500 peluru artileri dan serangan udara ditembakkan di wilayah tersebut setiap hari.

Ketika ditanya apa bahayanya bagi Ukraina jika seluruh Donbass jatuh di bawah kendali Rusia, Filashkin mengatakan bahwa musuh akan terus bergerak maju.

“Kami tidak akan membiarkan hal ini dan kami akan melakukan segala yang mungkin – dan tidak mungkin – untuk menahan musuh di sini, di wilayah Donetsk dan memulihkan perbatasan seperti tahun 1991,” katanya.

Gubernur mengatakan sekitar 2.500 warga sipil di wilayahnya saja telah terbunuh dan hampir 5.000 lainnya terluka sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran pada Februari 2022.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut kepala Administrasi Negara Daerah Donetsk, Chasiv Yar di Oblast Donetsk hampir hancur total, dengan 679 orang tersisa di kota tersebut hingga 8 Mei.

Sebelumnya, Mayor Jenderal Vadym Skibitsky, wakil kepala intelijen militer Ukraina mengatakan bahwa pasukannya sulit membendung Rusia.

Baca juga: Ukraina Gagalkan Rencana Mata-mata Rusia Bunuh Zelensky, Ungkap Para Eksekutor Dibayar Ribuan Dolar

“Tentu saja tidak hari ini atau besok, tapi semua bergantung pada cadangan dan pasokan kami,” ujar Skibitsky.

Kota penting yang dimaksud, Chasiv Yar, sebagian besar tinggal puing-puing setelah lebih dari setahun dibombardir Rusia.

Namun, posisinya yang strategis secara alam, yakni di puncak bukit, menjadi tempat persiapan yang baik untuk pertempuran Ukraina melawan Rusia.

Dari titik itulah, Ukraina dapat menghalangi jalan Rusia menuju kota-kota bebas terakhir di wilayah Donetsk.

Chasiv Yar terletak tepat di sebelah barat kota Bakhmut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas