Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pukulan Diplomatik Buat Israel, Mesir Gabung Afrika Selatan Lawan Israel dalam Kasus Genosida Gaza

Mesir meminta untuk bergabung dengan Afrika Selatan melawan Israel dalam kasus Genosida yang sedang disidangkan di Mahkamah Internasional ICJ.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pukulan Diplomatik Buat Israel, Mesir Gabung Afrika Selatan Lawan Israel dalam Kasus Genosida Gaza
AFP/REMKO DE WAAL
Menteri Kehakiman Afrika Selatan Ronald Lamola dan Duta Besar Afrika Selatan untuk Belanda Vusimuzi Madonsela menghadiri Mahkamah Internasional (ICJ) menjelang sidang kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan, di Den Haag pada 11 Januari 2024. Selatan Afrika berharap bahwa kasus genosida yang penting terhadap Israel di pengadilan tinggi PBB pada 11 Januari, akan berupaya untuk memaksa Israel menghentikan operasi militernya di Gaza, di mana lebih dari 23.000 warga Palestina telah terbunuh menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas. (Photo by Remko de Waal / ANP / AFP) / Netherlands OUT 

Pukulan Diplomatik buat Israel, Mesir Gabung Afrika Selatan Lawan Israel dalam Kasus Genosida di ICJ

TRIBUNNEWS.COM- Mesir meminta untuk bergabung dengan Afrika Selatan melawan Israel dalam kasus Genosida yang sedang disidangkan di Mahkamah Internasional ICJ.

Mesir mengatakan akan bergabung dengan kasus genosida karena cakupan serangan Israel di Gaza ‘memburuk’.




Mesir mengumumkan pada 12 Mei bahwa mereka secara resmi akan bergabung bersama Afrika Selatan yang menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida PBB di Jalur Gaza di Mahkamah Internasional (ICJ).

“Pengajuan tersebut dilakukan mengingat memburuknya tingkat keparahan dan cakupan serangan Israel terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza, dan terus dilakukannya praktik sistematis terhadap rakyat Palestina, termasuk tindakan langsung. menargetkan warga sipil dan penghancuran infrastruktur di Jalur Gaza, dan mendorong warga Palestina untuk melarikan diri,” pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir.

Mesir bergabung dengan Turki dan Kolombia dalam permintaan untuk bergabung dengan Afrika Selatan melawan Israel.

Turki bergabung awal bulan ini menyusul permintaan Capetown kepada ICJ agar Turki bergabung guna menjamin “keamanan dan, tentu saja, keberadaan rakyat Palestina.”

BERITA TERKAIT

Mesir mengatakan pihaknya menyerukan Israel untuk mematuhi kewajibannya sebagai kekuatan pendudukan dan menerapkan langkah-langkah sementara yang dikeluarkan oleh ICJ, yang memerlukan jaminan akses terhadap bantuan kemanusiaan dan bantuan dengan cara yang memenuhi kebutuhan warga Palestina di Gaza.

Mantan direktur Kementerian Luar Negeri Israel, Alon Liel, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa langkah Mesir untuk bergabung dalam kasus ini merupakan pukulan diplomatik yang luar biasa terhadap Israel.

“Mesir adalah landasan posisi kami di Timur Tengah,” kata Liel.

“Dengan bergabungnya Mesir dengan Afrika Selatan yang kini berada di Den Haag, ini merupakan pukulan diplomasi yang nyata. Israel harus menanggapinya dengan sangat serius".

Afrika Selatan mengajukan kasusnya pada bulan Januari tahun ini, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah Israel diadili berdasarkan Konvensi Genosida PBB.

Tembeka Ngcukaitobi, seorang advokat di Pengadilan Tinggi Afrika Selatan, mengatakan pada sidang kasus tersebut bahwa “niat untuk menghancurkan Gaza telah dipupuk di tingkat tertinggi di negara tersebut,” dan selanjutnya menyebut para pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai orang yang bertanggung jawab sebagai “penghasut genosida.”

Setelah kasus tersebut dibuka, Hamas mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa kelompok tersebut akan mematuhi gencatan senjata jika ICJ memutuskannya.

“[Kami] mengikuti dengan penuh perhatian pertimbangan Mahkamah Internasional, setelah permintaan yang disampaikan oleh Negara Afrika Selatan kepada Pengadilan untuk menghentikan genosida terhadap rakyat kami, khususnya di Gaza. Sehubungan dengan hal ini, Hamas menyatakan posisinya,” bunyi pernyataan itu.

Pada hari yang sama, Netanyahu menyuarakan kecamannya atas kasus tersebut, dengan mengatakan, “Komitmen Israel terhadap hukum internasional tidak tergoyahkan, dan pada saat yang sama, komitmen suci kami untuk terus membela negara kami dan membela rakyat kami juga tidak tergoyahkan. Israel, seperti negara lain, mempunyai hak yang melekat untuk membela diri.”

Afrika Selatan, pada hari Jumat, meminta ICJ untuk menggunakan kekuatannya untuk menghentikan invasi Israel ke Rafah.

Di mana lebih dari satu juta warga Palestina menjadi pengungsi internal, dan meminta agar Israel “segera menarik diri dan menghentikan serangan militernya.”

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas