Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkalan Kendali Udara Meron dan Barak Pranit di Galilea Israel Dihujani Roket dan Rudal Hizbullah

Hizbullah menargetkan pangkalan kendali udara Meron Israel dan barak Pranit di Galilea pada tanggal 15 Mei dengan puluhan roket dan rudal.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pangkalan Kendali Udara Meron dan Barak Pranit di Galilea Israel Dihujani Roket dan Rudal Hizbullah
khaberni/HO
Pengeboman di Lebanon Selatan. Konfrontasi antara milisi Hizbullah dan tentara Israel di perbatasan kedua negara kian tinggi. 

Pangkalan Kendali Udara Meron dan Barak Pranit di Galilea Israel Dihujani Roket dan Rudal Hizbullah

TRIBUNNEWS.COM- Hizbullah mengebom pangkalan-pangkalan Israel dengan serangan roket dan rudal yang besar.

Hizbullah menargetkan pangkalan kendali udara Meron Israel dan barak Pranit di Galilea pada tanggal 15 Mei dengan puluhan roket dan rudal sebagai tanggapan atas pembunuhan salah satu pejuangnya pada malam sebelumnya.

Serangan itu terjadi sebagai respons atas terbunuhnya seorang pejuang Hizbullah di Lebanon selatan pada Selasa malam.

“Menanggapi pembunuhan yang dilakukan musuh Israel di selatan, pada Rabu, 15/5/2024, Mujahidin Perlawanan Islam menyerang markas unit kendali udara di pangkalan Meron dengan puluhan roket Katyusha, senjata berat. roket, dan peluru artileri, mengenai peralatan lama dan baru… sebagian dari mereka telah dinonaktifkan sepenuhnya,” kata Hizbullah.

Hizbullah mengumumkan dalam sebuah pernyataan beberapa saat sebelumnya bahwa mereka menyerang markas besar divisi 91 tentara Israel di barak Pranit dengan rudal Burkan.

Tel Aviv mengatakan 60 roket ditembakkan dari Lebanon, menyebabkan kerusakan di pangkalan Meron.

BERITA TERKAIT

Sebuah sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa lebih dari 100 roket ditembakkan ke pangkalan Meron dan barak Pranit, menambahkan bahwa “asap terlihat mengepul” dari kedua lokasi tersebut.

Kelompok perlawanan mengumumkan kematian pejuangnya Hussein Ibrahim Makki pada hari Rabu. Dia terbunuh dalam serangan udara Israel di selatan kota Tirus di Lebanon selatan pada Selasa malam.

Hizbullah juga menargetkan peralatan teknis dan perangkat spionase di lokasi radar di wilayah Shebaa Farms yang diduduki pada hari Rabu.

Perlawanan Lebanon telah menyerang pangkalan Meron berkali-kali dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya, acara ziarah tahunan Israel di Gunung Meron, Lag Ba’omer, dibatalkan.

Pembunuhan pada Selasa malam terjadi setelah Hizbullah melakukan beberapa operasi terhadap Israel, termasuk menjatuhkan balon pengintai Israel yang digunakan untuk melawan perlawanan.

Hizbullah telah menyerang situs militer Israel setiap hari sejak 8 Oktober sebagai solidaritas terhadap Gaza dan mendukung perlawanan Palestina.

Mereka berjanji akan terus melakukan hal tersebut sampai perang di Gaza berakhir.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas