Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ebrahim Raisi Tewas, Kursi Presiden Iran Kemungkinan Bakal Diambil Alih Wapres Mohammad Mokhber

Jabatan Presiden Iran Ebrahim Raisi kemungkinan besar akan diambil alih Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Ebrahim Raisi Tewas, Kursi Presiden Iran Kemungkinan Bakal Diambil Alih Wapres Mohammad Mokhber
AFP/ATTA KENARE - tehrantimes.com
Jabatan Presiden Iran kemungkinan besar akan diambil alih Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber (kanan). Presiden Iran, Ebrahim Raisi (kiri) dilaporkan tewas dalam kecelakaan helikopter, Minggu (19/5/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Tewasnya Presiden Iran, Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter membuat kursi kepresidenan Iran saat ini kosong.

Jabatan Presiden Iran kemungkinan besar akan diambil alih Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber.

Mokhber diperkirakan akan menduduki jabatan Presiden Iran sembari negara tersebut mempersiapkan Pemilu dini, sebagaimana dilansir Hurriyet.

Aturan itu tertulis di konstitusi Iran, yang menyebut bahwa wakil presiden pertama mengambil alih "jika presiden meninggal, dipecat, mengundurkan diri, tidak hadir atau sakit selama lebih dari dua bulan".

Raisi dilaporkan meninggal pada hari Minggu (19/5/2024) bersama Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan pejabat lainnya dalam insiden helikopter jatuh di Jolfa, daerah perbatasan negara Azerbaijan.

Raisi diketahui mendekati akhir masa jabatan empat tahun pertamanya sebagai presiden.

Adapun penunjukan sementara Mokhber memerlukan persetujuan dari pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki keputusan akhir dalam semua urusan negara.

BERITA TERKAIT

Menurut konstitusi, pemilihan presiden untuk memilih pengganti permanen akan diadakan dalam waktu 50 hari.

Sebuah dewan yang terdiri dari ketua parlemen, ketua peradilan dan wakil presiden akan ditugaskan untuk mengatur pemungutan suara nasional.

Mokhber, 68, diangkat menjadi wakil presiden saat Raisi mulai menjabat pada Agustus 2021.

Wakil presiden tersebut lahir di kota Dezful di provinsi barat daya Khuzestan, di mana ia memegang beberapa posisi resmi.

Baca juga: Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi Dirayakan Penentangnya dengan Kembang Api dan Menari

Selama bertahun-tahun sejak 2007, Mokhber memimpin Eksekusi Perintah Imam Khomeini, sebuah organisasi pemerintah yang bertugas mengelola properti yang disita setelah revolusi Islam tahun 1979.

Yayasan ini, yang didirikan pada tahun 1980an, selama bertahun-tahun telah berkembang menjadi konglomerat ekonomi negara yang besar dengan saham di berbagai sektor.

Warga Iran datang ke tempat pemungutan suara untuk pemilihan presiden setiap empat tahun sekali sejak pemilu pertama republik Islam tersebut pada tahun 1980.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas