Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bella Hadid Tunjukkan Solidaritas untuk Palestina, Kenakan Gaun Keffiyeh ke Cannes

Supermodel Bella Hadid menunjukkan solidaritasnya untuk Palestina dengan mengenakan gaun Keffiyeh ke Festival Film Cannes, Kamis (23/5/2024).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Bella Hadid Tunjukkan Solidaritas untuk Palestina, Kenakan Gaun Keffiyeh ke Cannes
Instagram @bellahadid
Supermodel Bella Hadid. Dalam artikel mengulas tentang Supermodel Bella Hadid menunjukkan solidaritasnya untuk Palestina dengan mengenakan gaun Keffiyeh ke Festival Film Cannes, Kamis (23/5/2024) kemarin. 

TRIBUNNEWS.COM - Supermodel Bella Hadid menunjukkan solidaritasnya untuk Palestina dengan mengenakan gaun Keffiyeh ke Festival Film Cannes, Kamis (23/5/2024) kemarin.

Keffiyeh adalah hiasan kepala tradisional bermotif kotak-kotak yang dikenakan oleh pria Arab di seluruh wilayah.

Seringkali memiliki warna dan jahitan yang bervariasi tergantung kota asalnya.




Kain dengan motif ini telah lama identik dengan perjuangan Palestina dan bahkan digambarkan sebagai bendera tidak resmi Palestina.

Gaun tersebut, tampaknya merupakan pernyataan solidaritas dan muncul ketika Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza.

Gaun bertali spageti ini merupakan desain arsip tahun 2001 oleh duo desain asal AS, Michael dan Hushi, yang juga menciptakan atasan halter keffiyeh hitam putih yang dikenakan oleh Sarah Jessica Parker dalam sebuah episode acara hit Sex and the City.

Gaun midi-length ini diperkenalkan sebagai bagian dari peragaan busana pertama mereka, yang menampilkan citra dari Iran - tempat lahirnya desainer Hushi Mortezai, yang dipadukan dengan apa yang digambarkan oleh desainer tersebut sebagai syal Palestina.

BERITA TERKAIT

Gaun tersebut, terbuat dari sejumlah selendang keffiyeh berwarna merah putih yang tumpang tindih dengan garis tepi asimetris dan detail ruffle serta diakhiri dengan jumbai di sepanjang tepinya.

Meski motif merah putih secara tradisional dikenakan oleh suku Badui Yordania, syal kotak-kotak dapat dikenakan dalam berbagai warna dan telah diadopsi oleh banyak orang untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap warga Palestina di tengah perang Israel di Jalur Gaza.

Dalam postingan Instagram, desainer Hushi menjelaskan: “Gaun ini dibuat 23 tahun yang lalu dan semua orang dari wilayah ini dikelompokkan sebagai 'yang lain' yang besar. Tidak ada Google. Hanya apa yang bisa disatukan dengan sedikit sumber daya. Mudah-mudahan, kita semua bisa belajar untuk berdiri dalam persatuan dan cinta melawan genosida.”

Berbagi postingan Hushi ke story-nya di Instagram, Hadid membenarkan sentimen politik tersebut dengan pesan: “Bebaskan Palestina selamanya.”

Baca juga: Populer Internasional: Elon Musk Diundang Kunjungi Gaza - Cerita Ayah Bella Hadid soal Nakba 1948

Hadid telah menyuarakan dukungannya terhadap Palestina selama bertahun-tahun.

Ia sangat vokal selama beberapa bulan terakhir karena kehancuran dan jumlah korban jiwa di Gaza mendominasi berita utama.

Dalam pernyataannya pada akhir Oktober, Hadid mengatakan di Instagram bahwa dia telah menghadapi banyak ancaman tetapi tidak takut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas