Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Saudi Berterima Kasih ke Negara-negara Eropa Sudah Akui Negara Palestina

Pangeran Faisal bin Farhan mengucapkan terima kasih kepada negara-negara Eropa karena sudah mengakui negara Palestina, Rabu (29/5/2024).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Menlu Saudi Berterima Kasih ke Negara-negara Eropa Sudah Akui Negara Palestina
Fabrice COFFRINI / AFP
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud mengambil bagian dalam pertemuan mengenai situasi di Jalur Gaza di Kantor PBB, di Jenewa, pada 12 Desember 2023. Pada Rabu (7/2/2024) kementeriannya mengeluarkan statement bantahan terhadap klaim AS terkait normalisasi hubungan dengan Israel 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan mengucapkan terima kasih kepada negara-negara Eropa karena sudah mengakui negara Palestina, Rabu (29/5/2024).

Terdapat tiga negara Eropa yang mengakui negara Palestina, yakni Irlandia, Norwegia, dan Spanyol pada Selasa (28/5/2024) kemarin, dikutip dari Al Arabiya.

“Kami di sini untuk mengucapkan terima kasih kepada Spanyol karena telah memberikan harapan di masa yang sangat kelam,” kata Pangeran Faisal kepada wartawan di Madrid.




"Mereka mengambil keputusan yang tepat, pada waktu yang tepat, dan berada di sisi yang benar dalam sejarah," puji Pangeran Faisal, yang diapit oleh rekan-rekannya dari Yordania, Qatar, Turki dan otoritas Palestina sebelum mereka mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares.

Ketiga negara percaya, inisiatif mereka mempunyai dampak simbolis yang kuat dan dapat mendorong negara lain untuk melakukan hal yang sama, telah dikecam oleh Israel.

Sebelum melakukan pembicaraan dengan timpalannya dari Spanyol, para menteri Arab mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Spanyol akan terus berupaya agar lebih banyak negara Eropa mengakui negara Palestina, dan “bersama mitra dan teman-teman Arab kami untuk menormalisasi hubungan antara negara-negara Arab dan Israel,” kata Albares.

BERITA TERKAIT

“Dan ketika senjata tidak lagi berfungsi, ketika perdamaian tercapai, inilah saatnya untuk membangun cakrawala perdamaian yang pasti,” lanjutnya.

“Spanyol memiliki tradisi persahabatan yang panjang dengan dunia Arab. Ikatan sejarah, politik, dan perdagangan kita, namun yang terpenting, ikatan budaya dan kemanusiaan, ikatan antar masyarakat, telah menyatukan kita selama berabad-abad.

“Dan di masa sulit ini, persahabatan dan dialog jujur ​​kita mempunyai nilai khusus dan menjadi elemen penting dalam membangun jembatan antara Eropa dan dunia Arab.”

Pemerintah Slovenia bulan ini mengeluarkan dekrit yang mengakui negara Palestina.

Baca juga: PM Palestina Kunjungi Madrid, Sambut Baik Langkah Spanyol Akui Negara Palestina

Dekrit tersebut akan dikirim ke parlemen pada hari Kamis (30/5/2024) sebelum pemungutan suara yang diperkirakan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Dari 193 negara anggota PBB, 145 negara kini mengakui negara Palestina.

Peristiwa terbaru dalam perang Israel-Hamas

Israel telah membunuh 66 warga Palestina dalam empat hari serangan di “zona aman” di Rafah, kata Save the Children.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas