Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Senjata Hizbullah yang Dipakai Menghajar Israel Utara: Ada Rudal Anti-Pesawat Hingga Drone

Pejuang Hizbullah di Lebanon melancarkan serangan besar-besaran ke wilayah Israel Utara, hingga cagar alam dan wilayah Kiryat Shmona.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Daftar Senjata Hizbullah yang Dipakai Menghajar Israel Utara: Ada Rudal Anti-Pesawat Hingga Drone
defence security asia
Rudal anti-kapal Yakhont. Rudal jenis ini juga dimiliki Hizbullah dan dipakai untuk menghajar wilayah Israel Utara dan memicu kebakaran besar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT – Pejuang Hizbullah di Lebanon melancarkan serangan besar-besaran ke wilayah Israel Utara, hingga cagar alam dan wilayah Kiryat Shmona.

Ini merupakan kawasan pemukiman Israel paling menonjol di perbatasan antara wilayah yang dianeksasi Israel dan Lebanon Selatan. Serangan hebat ini memicu kebakaran besar yang membuat panik warga pemukim.

Media lokal Israel melaporkan sejumlah rumah ludes termasuk 750 hektare di cagar alam Naftali.

Belum ada laporan korban tewas sejauh ini, namun 17 orang termasuk tujuh tentara Israel telah dilarikan ke Rumah Sakit Ziv di bagian utara karena mengalami sesak napas usai menghirup asap tebal.

"Ini adalah kerusakan yang signifikan, bukan kebakaran kecil. Kebakaran seluas 10.000 hektar adalah kebakaran besar. Alam memiliki kemampuan untuk pulih, tetapi semakin besar kebakaran, semakin lambat pemulihannya," kata Sharon Levy, Direktur Pemukiman Dataran Tinggi Golan Israel.

Mengantisipasi bertambahnya jumlah kerugian akibat meluasnya kobaran api, petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api hingga larut malam di sejumlah lokasi, salah satunya Kota Kiryat Shmona.

BERITA TERKAIT

Polisi sejauh ini juga turut menutup jalan-jalan di perkotaan dan mengimbau warga yang masih di daerah tersebut untuk segera mengungsi.

Mengutip Anadolu kebakaran tersebut terjadi usai Hizbullah membombardir kawasan Israel lewat serangkaian serangan udara, menggunakan sejumlah senjata tempur canggihnya.

Baca juga: Risiko Perang Besar, AS Minta Israel Tak Bombardir Hizbullah di Lebanon

Saking canggihnya lembaga think tank Israel dan Amerika Serikat (AS) bahkan mengakui bahwa alat-alat tempur milik militer Hizbullah memiliki kemampuan yang luar biasa, yang tidak dapat diremehkan.

Hizbullah tidak mengungkap secara pasti berapa banyak cadangan amunisi yang dimiliki pasukannya.

Menurut kabar yang beredar militer Hizbullah ditopang oleh persenjataan roket yang besar, seperti 150.000 rudal dan roket dengan berbagai jenis dan jangkauan.

Baca juga: Israel Utara Hangus Terbakar Rudal Hizbullah, 2 Kali Lipat Rugi Besar Dibanding Perang Tahun 2006

Berikut daftar senjata tempur yang dimiliki militer Hizbullah, yang ditakuti oleh para musuh :

Rudal Anti-Tank

Hizbullah diketahui memiliki sejumlah rudal anti-tank yang dipandu secara ekstensif menggunakan peluru kendali buatan Iran yang dikenal sebagai "al-Mas".

Rudal berpemandu anti-tank
Rudal berpemandu anti-tank "Tharallah" milik Hizbullah. (defence security asia)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas