Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

40 Rudal Lebanon Meluncur ke Galilea, Roket Pencegat Israel Sibuk di Golan, Sirene Meraung di Haifa

Hizbullah melakukan serangan bergelombang di berbagai wilayah Utara pendudukan Israel mulai Galilea, Golan, hingga Haifa. Serangan drone dan rudal

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 40 Rudal Lebanon Meluncur ke Galilea, Roket Pencegat Israel Sibuk di Golan, Sirene Meraung di Haifa
AFP/JALAA MAREY
Tentara Israel berpindah posisi selama latihan di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi pada 9 November 2023, di tengah meningkatnya ketegangan lintas batas antara Hizbullah dan Israel ketika pertempuran berlanjut di selatan dengan militan Hamas di Jalur Gaza. (Foto oleh Jalaa MAREY / AFP) 

40 Rudal Meluncur dari Lebanon ke Galilea, Roket Pencegat Israel Sibuk di Golan, Sirene Meraung di Haifa

TRIBUNNEWS.COM - Situs berita Khaberni, Selasa (11/6/2024), mengutip sumber Palestina, melaporkan sebanyak 40 roket ditembakkan dari Lebanon selatan menuju Jari Galilea dan Galilea Atas, wilayah pendudukan Israel di Utara.

Sementara itu, media Israel melaporkan kalau sistem pertahanan udara Israel sibuk mencegat rudal-rudal yang menyasar di wilayah udara Golan dan Galilea Atas yang diduduki.

Laporan mengindikasikan, serangan puluhan rudal ini dilakukan secara bergelombang ke berbagai wilayah pendudukan Israel di Utara.

Baca juga: Eks-Mossad: Israel Lumpuh Jika Perang Total Lawan Hizbullah, Tel Aviv Terbakar Seperti Kiryat Shmona

Serangan puluhan rudal ini diduga diluncurkan gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah yang mengintensifkan serangan di perbatasan seiring eskalasi yang berlarut lantaran berlarutnya Perang Gaza.

Sumber-sumber Palestina mengatakan, sirene peringatan juga berbunyi di Haifa, Galilea Atas, dan Golan Suriah yang diduduki.

Dijelaskan, pembunyian sirene peringatan di kota Haifa itu adalah yang pertama kalinya dalam beberapa bulan sejak dimulainya agresi Israel di Jalur Gaza.

Baca juga: Serangan Drone Milisi Perlawanan Irak Jangkau Pelabuhan Haifa, Hantam Objek Vital Israel

BERITA TERKAIT

Tentara pendudukan Israel mengatakan, sirene dibunyikan untuk memperingatkan kemungkinan serangan rudal terhadap satu di antara kota utama Israel tersebut.

Channel 12 Israel mengindikasikan kalauini adalah pertama kalinya sirene dibunyikan di kota tersebut sejak Januari lalu.

Serangan lintas teritorial baik berupa drone maupun rudal biasanya menyerang kawasan pelabuhan bukan perkotaan.

Baca juga: Hizbullah Ubah Taktik Jelang Invasi Israel ke Lebanon: Barak Militer IDF di Perbatasan Disapu Rudal

Skuadron Drone Hantam Markas Besar Divisi 146 IDF

Serangan puluhan rudal ini menyusul serangan drone serbu Hizbullah menyerang pusat komando baru Israel

Kelompok perlawanan Lebanon telah memperluas jangkauan serangannya dalam beberapa hari terakhir, menargetkan jet Israel yang terbang di atas Lebanon

Hizbullah mengumumkan pada 10 Juni bahwa mereka berhasil menargetkan markas besar Divisi 146 tentara Israel di dekat Nahariya.

Kelompok perlawanan Lebanon mengatakan mereka melakukan “serangan udara dengan satu skuadron drone penyerangan terhadap markas komando Divisi 146 yang baru didirikan di timur Nahariya.”

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas