Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jerman Menyebut Kejahatan Kemanusiaan yang Dilakukan oleh Israel Serius, Desak Israel Patuh Hukum

Jerman menyebut tuduhan kejahatan perang PBB terhadap Israel adalah serius dan menekankan lagi bahwa negara tersebut harus mematuhi hukum kemanusiaan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Jerman Menyebut Kejahatan Kemanusiaan yang Dilakukan oleh Israel Serius, Desak Israel Patuh Hukum
ashraf amra / ANADOLU / Anadolu via AFP
Penduduk setempat mencari korban di antara puing-puing setelah serangan Israel di kamp Nuseirat di Deir al Balah, Gaza pada 8 Juni 2024. 

Jerman Menyebut Tuduhan Kejahatan Perang PBB Terhadap Israel Serius

TRIBUNNEWS.COM- Jerman menyebut tuduhan kejahatan perang PBB terhadap Israel adalah serius.

Jerman, pada hari Rabu, menyebut tuduhan kejahatan perang PBB terhadap Israel serius dan menekankan lagi bahwa negara tersebut harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional, Anadolu Agency melaporkan.

“Kami sedang mempelajari laporan itu dengan sangat cermat. Ini juga berisi tuduhan serius terhadap peperangan Israel,” kata wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri, Christian Wagner, kepada perwakilan media di Berlin.

Wagner mengacu pada laporan penyelidikan oleh komisi yang didukung PBB yang menemukan bahwa Israel dan kelompok Palestina telah melakukan kejahatan perang dalam perang kejam di Gaza, dan juga menuduh Israel melakukan “kejahatan terhadap kemanusiaan”.

Dia juga menyerukan penyelidikan menyusul tuduhan Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini, yang mengatakan Israel menganiaya dan menyiksa pekerja bantuan PBB yang dipenjara.

“Tentu saja tuduhan tersebut harus diselidiki. Saya rasa kita sudah sangat jelas mengenai UNRWA dan peran pentingnya. Namun, jika tuduhan tersebut muncul, tentu saja harus diselidiki dan penting bagi semua pihak untuk bekerja sama dengan PBB,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Wagner juga menyuarakan keprihatinan atas serangan Israel di Kamp Pengungsi Al-Nuseirat di Gaza untuk menyelamatkan empat sandera akhir pekan lalu.

Setidaknya 274 orang, termasuk banyak anak-anak, tewas dalam serangan tersebut.

UNRWA Desak Jerman untuk Tekan Israel agar Hentikan Serangan Terhadap Pekerja PBB

Ketua UNRWA mendesak Jerman untuk menekan Israel agar menghentikan serangan mematikan terhadap pekerja PBB.

Philippe Lazzarini mengatakan 192 pegawai badan PBB untuk pengungsi Palestina tewas di Gaza, kantor pusatnya di Yerusalem Timur menjadi sasaran beberapa serangan pembakaran.

Jerman harus menekan Israel untuk menghentikan serangan mematikannya terhadap pekerja bantuan PBB, kata kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) pada hari Rabu.

“Jerman harus membantu PBB melindungi diri dari serangan Israel. Tidak ada kontradiksi, menjadi teman dekat Israel dan (memiliki) garis merah,” kata Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini dalam wawancara dengan majalah berita Jerman Der Spiegel.

“Sejauh ini 192 karyawan kami terbunuh di Gaza. Ada juga beberapa serangan pembakaran di markas kami di Yerusalem Timur,” tambahnya.


Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas