Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Toyota Jepang Umumkan Gaji Chairman Akio Toyoda Rp 165 Miliar

Gaji Chairman Toyota Motor Corporation Akio Toyoda menjadi 1,622 miliar yen (Rp 165 miliar) atau lebih dari 135 juta yen per bulan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Toyota Jepang Umumkan Gaji Chairman Akio Toyoda Rp 165 Miliar
Richard Susilo
Akio Toyoda Presiden Toyota Motor Corporation Jepang. Toyota Motor Corporation mengumumkan kompensasi eksekutif selama tahun fiskal 2023. Gaji Chairman Toyota Motor Corporation Akio Toyoda menjadi 1,622 miliar yen (sekitar Rp 165 miliar) atau lebih dari 135 juta yen per bulan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Toyota Motor Corporation mengumumkan kompensasi eksekutif selama tahun fiskal 2023.

Gaji Chairman Toyota Motor Corporation Akio Toyoda menjadi 1,622 miliar yen (sekitar Rp 165 miliar) atau lebih dari 135 juta yen per bulan.

Baca juga: Toyota Indonesia Kaji Model Bisnis untuk Sediakan Transportasi Berkelanjutan di Ubud Bali

Jumlah ini meningkat 62 persen dari tahun fiskal sebelumnya dan tertinggi yang pernah ada untuk eksekutif Toyota.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa perusahaan telah memperkuat daya saingnya dalam memperoleh sumber daya manusia internasional dan memperkenalkan sistem remunerasi yang mengevaluasi kontribusinya terhadap pertumbuhan jangka menengah hingga panjang.

Tsuneharu Sato  (kiri) dan Akio Toyoda (kanan).
Tsuneharu Sato  (kiri) dan Akio Toyoda (kanan). (Foto NHK)

Menurut Laporan Sekuritas Tahunan Toyota untuk tahun fiskal yang berakhir 25 Juni 2024, Ketua Akio Toyoda memiliki remunerasi tertinggi untuk eksekutif tahun fiskal lalu, sebesar 1,622 miliar yen.

Ini adalah peningkatan 62% dari tahun sebelumnya 999 juta yen, dan jumlah tertinggi yang pernah dibayarkan oleh seorang eksekutif Toyota.

BERITA TERKAIT

Menurut sumber Tribunnews.com di Toyota, alasan utama peningkatan tersebut adalah untuk memperkuat daya saingnya dalam memperoleh bakat internasional.

Baca juga: Produk Air Hidrogen Teknologi Terbaru Perusahaan Jepang Disebarluaskan ke Indonesia

"Toyota telah meninjau remunerasinya dengan mengacu pada tingkat perusahaan Eropa dengan kapitalisasi pasar tertinggi, dan telah memperkenalkan sistem remunerasi yang mengevaluasi kontribusi terhadap pertumbuhan jangka menengah hingga panjang," ujarnya.

Di antara pejabat lainnya, Presiden Koji Sato menerima 623 juta yen dan Wakil Ketua Shigeru Hayakawa menerima 389 juta yen.

Akio Toyoda bos Toyota Motors yang juga Ketua  Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang (JAMA) dalam konperensi pers Kamis ini (20/12/2018)
Akio Toyoda bos Toyota Motors yang juga Ketua Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang (JAMA) dalam konperensi pers Kamis ini (20/12/2018) (NHK)

Di sisi lain, Toyota Group telah mengungkapkan masalah kecurangan dalam memperoleh sertifikasi.

Tetapi Toyota telah menjelaskan bahwa mereka telah mengurangi sebagian remunerasi untuk Ketua dan Presiden karena perspektif tata kelola juga digunakan sebagai indikator evaluasi untuk menentukan remunerasi.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas