Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sosok Mohammad Nasser, Kematian Komandan Top Hizbullah oleh Israel di Tirus Bisa Picu Perang Besar

Berikut adalah biografi singkat pemimpin martir Hizbullah Mohammad Nehme Nasser, yang dibunuh di Tirus pada hari Rabu.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sosok Mohammad Nasser, Kematian Komandan Top Hizbullah oleh Israel di Tirus Bisa Picu Perang Besar
unit media militer Hizbullah
Mendiang mendiang Mohammad Nehme Nasser, satu di antara komandan tempur gerakan militer Hizbullah yang memimpin Pasukan Aaziz semasa hidup. Nasser dilaporkan menjadi satu dari beberapa tokoh penting militer Hizbullah yang tewas dalam pemboman udara Israel di Tirus, Lebanon, Rabu (3/7/2024). 

Sosok Mohammad Nasser, Komandan Top Hizbullah yang Tewas di Bom Israel: Bisa Picu Perang Besar

TRIBUNNEWS.COM - Unit Media Militer Hizbullah merilis biografi singkat mendiang Mohammad Nehme Nasser atau disapa "Haji Abu Nehme".

Dia merupakan satu di antara komandan militer paling terkemuka di gerakan Hizbullah Lebanon.

Nasser dilaporkan terbunuh dalam sebuah serangan udara pasukan pendudukan Israel di Tirus, Lebanon pada Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Amuk Balasan Hizbullah Berlanjut, Ratusan Drone-Roket Hajar Golan-Hula-Galilea Israel dalam Sejam

Lahir pada tanggal 6 Mei 1965, di kota Hadatha, Lebanon selatan, mendiang Nasser adalah salah satu pejuang pertama yang bergabung dengan Hizbullah di Lebanon.

Saat secara resmi bergabung dengan barisan gerakan politik dan militer Hizbullah pada tahun 1986, usianya masih 20 tahunan.

Dalam kiprahnya di Hizbullah, Nasser telah mengambil bagian dalam beberapa operasi tempur, sebagai bagian dari perjuangan Hizbullah untuk membebaskan kota-kota dan desa-desa yang diduduki di Lebanon dari cengkeraman militer Israel.

BERITA TERKAIT

Dalam salah satu operasi tersebut, Haji Abu Nehme adalah salah satu dari beberapa pejuang yang memimpin serangan infiltrasi di situs militer Israel di Beit Yahoun, sebuah desa yang bertetangga dengan Hadatha dekat Beit Jbeil.

Menurut unit Media Militer Hizbullah, mendiang terluka beberapa kali selama perjuangan pembebasan, yang dicapai pada tanggal 25 Mei 2000.

Pembebasan ini menandai berakhirnya hampir 18 tahun pendudukan Israel.

Berkat keberaniannya, Nasser pangkat di sayap militer Hizbullah sambil terlibat dalam beberapa pertempuran selama hampir 40 tahun kariernya sebagai pejuang dan pemimpin Perlawanan.

Komandan Hizbullah Mohammad Nehme Nasser
Mendiang mendiang Mohammad Nehme Nasser, satu di antara komandan tempur gerakan militer Hizbullah yang memimpin Pasukan Aaziz semasa hidup. Nasser dilaporkan menjadi satu dari beberapa tokoh penting militer Hizbullah yang tewas dalam pemboman udara Israel di Tirus, Lebanon, Rabu (3/7/2024).

Penghargaan Mohammad Nasser Pasca-Pembebasan

Meskipun mengalami banyak cedera, Nasser dinilai berkontribusi dalam pertahanan Lebanon dari agresi Israel

Dia juga termasuk orang yang ikut serta dalam konfrontasi perang Israel di Lebanon tahun 2006.

Selama partisipasinya dalam pertahanan Hizbullah melawan organisasi teror di Suriah, Irak, dan perbatasan timur Lebanon, Nasser kembali terluka di medan perang pada tahun 2015.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas