Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Calon Pengganti Rishi Sunak Pimpin Partai Konservatif Setelah Kalah Pemilihan PM Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyatakan mengundurkan diri dari Ketua Partai Konservatif (Tory)

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Calon Pengganti Rishi Sunak Pimpin Partai Konservatif Setelah Kalah Pemilihan PM Inggris
Daniel LEAL / AFP
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak 

TRIBUNNEWS.COM -- Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyatakan mengundurkan diri dari Ketua Partai Konservatif (Tory).

Pengunduran dirinya tersebut menyusul kekalahannya dalam pemilihan Perdana Menteri Inggris pada Kamis (4/7/2024).

Sunak kalah telak dari wakil Partai Buruh, Keir Starmer yang meraup 410 suara. Sementara Sunak yang hanya meraih 131 kursi di parlemen.

Kekalahan telak tersebut tercatat sebagai kinerja pemilu terburuk Tory dalam sejarahnya.

Lantas siapa yang bakalan menggantikannya sebagai pimpinan Partai Konservatif. Media Inggris, The Guardian menyebutkan sejumlah politisi yang bisa menggantikan Rishi Sunak.

Mereka antara lain:

(FILES) Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman berpidato di depan para delegasi pada Konferensi tahunan Partai Konservatif di Manchester, Inggris utara, pada 3 Oktober 2023. Pemimpin Inggris Rishi Sunak memecat menteri dalam negeri yang kontroversial Suella Braverman pada 13 November 2023, menurut laporan beberapa media Inggris, saat ia merombak tim utamanya menjelang pemilihan umum yang diharapkan tahun depan.
Suella Braverman. (Oli SCARFF / AFP)


Suella Braverman

Mantan Menteri Dalam Negeri dua kali ini telah menjalankan kampanye kepemimpinan de facto sejak Sunak memecatnya dari jabatannya pada bulan November. Di kursinya di Hampshire, dia memiliki mayoritas 26.000 suara, jadi dia seharusnya masih ada.

BERITA TERKAIT

Usulan Braverman kepada partai tersebut kemungkinan besar berasal dari sayap kanan, dengan kemungkinan penekanan pada pengurangan imigrasi dan penarikan diri dari konvensi Eropa mengenai hak asasi manusia.

Dia memiliki banyak pendukung, namun beberapa anggota parlemen Tory khawatir tentang penilaiannya dan selera kontroversi. Jika dia mencapai dua final dan memberikan suara di antara anggota partai, Braverman mungkin sulit dikalahkan.

Kemi Badenoch
Kemi Badenoch (GOV.UK)

Kemi Badenoch

Kandidat lain yang hampir pasti berasal dari sayap kanan, dan juga memiliki daerah pemilihan yang sangat aman. Badenoch tampaknya mempunyai keuntungan karena masih berada di kabinet, sebagai sekretaris bisnis, dengan asumsi hubungan dengan Sunak masih dipandang sebagai aset pasca pemilu.

Pencalonan Badenoch kemungkinan besar akan ditandai dengan bahasanya yang biasa-biasa saja, sering kali mengenai politik identitas, yang dia benci, dan kemampuannya untuk mengubah pertukaran yang paling tidak berbahaya menjadi sebuah argumen. Dia mendapat dukungan yang signifikan, namun beberapa anggota Partai Konservatif mengkhawatirkan sifat agresifnya.

Boris Johnson dan Priti Patel.
Boris Johnson dan Priti Patel. (DAILY MAIL)

Priti Patel

Priti Patel diam-diam bekerja sebagai backbencher, mendapatkan beberapa sekutu baru.

Melanjutkan pola tersebut, jika Patel memutuskan untuk mencoba – dan sekutunya menyarankan bahwa ia mempertimbangkannya – maka Patel akan menjadi salah satu kandidat dari sayap kanan yang fokus pada sikap keras terhadap migrasi. Dia juga memiliki mayoritas yang tampaknya aman.

Patel belum lagi menjabat di pemerintahan sejak akhir era Boris Johnson, di mana dia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Tugasnya ini bukannya tanpa insiden – dia baru saja mempertahankan pekerjaannya setelah penyelidikan menemukan bahwa dia telah menindas pegawai negeri sipil.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas