Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Serdadu Ukraina Desersi, Pakai Rakit Seadanya Seberangi Sungai Dnieper demi Menyerah ke Rusia

Empat tentara Ukraina nekat berenang menyeberangi Sungai Dnieper dengan menggunakan rakit seadanya untuk menyerah kepada militer Rusia.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in 4 Serdadu Ukraina Desersi, Pakai Rakit Seadanya Seberangi Sungai Dnieper demi Menyerah ke Rusia
Sergei Supinsky/AFP
Patroli tentara Ukrainian di titik checkpoint tertutup di wilayah perbatasan. 

TRIBUNNEWS.COM - Empat tentara Ukraina nekat berenang menyeberangi Sungai Dnieper dengan menggunakan rakit seadanya untuk menyerah kepada militer Rusia.

Hal itu diketahui dari sebuah rekaman vdeo pendek yang dibagikan di media sosial Telegram oleh netizen @rian_ru.

Kabar itu juga disiarkan oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti, hari Minggu, 7 Juli 2024 mengutip sumber keamanan dan membagikan video dalam format hitam-putih tersebut.

Disebutkan, sekelompok tentara Ukraina nekat menerobos perairan Sungai Dnieper dalam upaya untuk menyerah kepada Rusia.

Rekaman tentara Ukraina yang desersi tersebut tampaknya diambil dari drone pada malam hari menunjukkan keempat pria tersebut berenang ke seberang sungai.

Klip tersebut kemudian menunjukkan mereka keluar dari air dengan tangan di belakang kepala saat tentara Rusia sudah menunggu mereka di pantai.

Empat tentara Ukraina nekat berenang menyeberangi Sungai Dnieper dengan menggunakan rakit seadanya untuk menyerah kepada militer Rusia.
Empat tentara Ukraina nekat berenang menyeberangi Sungai Dnieper dengan menggunakan rakit seadanya untuk menyerah kepada militer Rusia. (Telegram/@rian_ru)

Menurut RIA, tentara Ukraina itu menggunakan rakit darurat yang terbuat dari botol plastik kosong untuk menyeberangi Dnieper.

BERITA REKOMENDASI

Sumber tersebut mengatakan kepada kantor berita bahwa keempat tentara tersebut menyerah di Wilayah Kherson.

Bekas wilayah Ukraina secara resmi bergabung dengan Rusia pada musim gugur 2022 setelah referendum, bersama dengan wilayah tetangganya, Wilayah Zaporozhye, dan dua Republik Donbass.

Wilayah Kherson masih dikuasai sebagian oleh Rusia karena wilayahnya di tepi kanan Dnieper, termasuk kota Kherson, masih berada di bawah kendali Ukraina dan sungai tersebut memisahkan posisi pihak-pihak yang bertikai.

Tidak jelas di mana tepatnya tentara menyeberangi sungai, namun Dnieper di daerah itu setidaknya memiliki lebar beberapa ratus meter.

Baca juga: Rusia Serang New York di Donbass Pakai Bom Raksasa, 60 Tentara Ukraina Tewas, Gedung Lenyap

Keempat tentara tersebut sebelumnya telah menghubungi militer Rusia melalui chatbot khusus Telegram dan menyatakan keinginan mereka untuk meletakkan senjata, lapor RIA.

Mereka dapat mendiskusikan rincian penyerahan diri mereka dengan pihak Rusia terlebih dahulu.

Sebelumnya, Dinas Perbatasan Ukraina telah memperingatkan terhadap upaya ilegal untuk meninggalkan negara tersebut ketika negara tersebut sedang berjuang untuk melakukan wajib militer

Sudah 45 Warga Ukraina Tewas Tenggelam Saat Kabur ke Uni Eropa

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas