Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Girang NATO Buka Kantor di Yordania, Amman Benar-Benar Pro-Barat yang Dukung Israel?

AS mengatakan pembukaan kantor penghubung NATO di Amman mencerminkan peran penting Yordania dalam menjaga stabilitas regional di Timur Tengah.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in AS Girang NATO Buka Kantor di Yordania, Amman Benar-Benar Pro-Barat yang Dukung Israel?
khaberni/HO
Angkatan Udara Kerajaan Yordania dilaporkan meningkatkan patroli udara mereka seiring perkembangan eskalasi Iran-Israel pasca-serangan balasan Teheran, Minggu (14/4/2024). 

AS Girang NATO Buka Kantor di Yordania, Amman Benar-Benar Pro-Barat yang Dukung Israel?

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS), Jumat (12/7/2024)memberikan pujian dan apresiasi atas pembukaan liaison office atau kantor penghubung dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau juga disebut Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Ibu Kota Yordania, Amman.

AS mengatakan pembukaan kantor penghubung NATO di Amman mencerminkan peran penting Yordania dalam menjaga stabilitas regional di Timur Tengah.

Baca juga: IDF Beri Sinyal Mundur dari Koridor Philadelphia, Mesir-Israel Siapkan Ribuan Kamera di Perbatasan?




Juru bicara Kepala Regional Departemen Luar Negeri AS Sam Warburg, dalam pernyataannya kepada Kantor Berita Jordan (Petra) selama KTT NATO yang diadakan di Washington, menekankan pentingnya hubungan yang lebih erat antara anggota NATO dan Yordania.

Warburg menyebutnya sebagai “simbol dan pesan penting dari komunitas internasional dan bukan hanya dari Amerika Serikat.”

Dia juga memuji peran Yordania dalam menjaga keamanan, stabilitas, dan perdamaian melalui upayanya memerangi terorisme di Timur Tengah.

“[Pembukaan kantor penghubung NATO] tidak dilakukan dalam rangka NATO menawarkan sesuatu kepada Yordania saja, namun negara-negara NATO mempunyai kesempatan untuk belajar dari pengalaman Yordania dalam memerangi terorisme,” lanjutnya.

BERITA TERKAIT

“Yordania juga akan mempunyai kesempatan untuk belajar dari pengalaman NATO.”

Warburg menggarisbawahi bahwa serangan siber saat ini menjadi ancaman utama, sehingga mendesak perlunya koordinasi dan kerja sama dalam bentuk strategi dan taktik inovatif untuk memerangi terorisme di Internet.

Amerika Serikat “menganggap [Yordania] sebagai salah satu mitra paling penting bagi Amerika Serikat dalam hal stabilitas dan keamanan di kawasan” – yang selanjutnya memuji hubungan antara kedua negara sebagai salah satu hubungan Amerika tertua di kawasan.

Ia memuji peran Yang Mulia Raja Abdullah II dalam membina hubungan dengan AS, dengan mengatakan bahwa “ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi pemimpin mana pun di dunia untuk menjalin hubungan dengan semua otoritas di Amerika,”.

Pujian itu mengacu pada hubungan baik antara Raja Abdullah II dan Presiden Joe Biden, Kongres, dan pemerintah federal AS.

Baca juga: Benarkah Yordania Lindungi Israel? Dilema Kerajaan Hashemite, Nikmati Bantuan AS, Target Empuk Iran

Demonstrasi mendukung Palestina di Amman, Yordania pada Jumat 5 Juli 2024.
Demonstrasi mendukung Palestina di Amman, Yordania pada Jumat 5 Juli 2024. (Asmahan Bkerat/The Guardian)

Langkah Penyeimbang yang Rumit

Langkah Yordania mengizinkan pembukaan kantor NATO di ibu kotanya, secara geopolitik punya makna kalau Amman berusaha untuk tetap menjaga hubungan baik dengan AS dan negara-negara Barat yang dikenal sebagai pendukung Israel dalam Perang Gaza.

Ulasan jurnalis The Guardian, Jason Burke menyebut Yordania sejatinya tengah melakukan aksi penyeimbangan yang rumit karena berada dalam dilema.

Baca juga: Benarkah Yordania Lindungi Israel? Dilema Kerajaan Hashemite, Nikmati Bantuan AS, Target Empuk Iran

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas