Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biden Ancam Israel Harus Setuju untuk Tak Duduki Gaza dan Segera Akhiri Perang dengan Hamas

Presiden AS, Joe Biden menyebut perang Israel-Hamas harus segera berakhir sekarang dan negara Zionis itu tak boleh menduduki Gaza.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Biden Ancam Israel Harus Setuju untuk Tak Duduki Gaza dan Segera Akhiri Perang dengan Hamas
ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara dalam debat presiden pertama pemilu 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengancam Israel untuk segera mengakhiri perangnya dengan Hamas, Kamis (11/7/2024).

Tak hanya itu, Biden juga mendesak Israel untuk tidak menduduki daerah Gaza setelah perang berakhir.

Dalam konferensi pers, Biden mengatakan kerangka gencatan senjata telah disepakati oleh Israel dan Hamas, meskipun masih ada celah yang harus ditutup.




"Kerangka kerja itu kini disetujui oleh Israel dan Hamas. Jadi saya mengirim tim saya ke wilayah itu untuk menuntaskan perinciannya," kata Biden, dikutip dari Reuters.

Direktur CIA, Bill Burns dan utusan AS untuk Timur Tengah Brett McGurk berada di Timur Tengah minggu ini untuk bertemu dengan mitra regional guna membahas kesepakatan gencatan senjata.

"Ini adalah masalah yang sulit dan kompleks. Masih ada celah yang harus ditutup. Kami membuat kemajuan. Trennya positif."

"Saya bertekad untuk menyelesaikan kesepakatan ini dan mengakhiri perang ini, yang seharusnya berakhir sekarang," ujar Biden.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Hamas telah menyetujui untuk mencabut tuntutan agar Israel terlebih dahulu berkomitmen pada gencatan senjata permanen.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kesepakatan itu tidak boleh menghalangi Israel untuk melanjutkan pertempuran hingga tujuan perangnya tercapai.

Di awal perang, ia berjanji untuk memusnahkan Hamas.

Kantor Netanyahu mengatakan pada hari Rabu bahwa dia berkomitmen untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata Gaza asalkan garis merah Israel dihormati.

Baca juga: Dipaksa Israel Pergi dari Kota Gaza, Warga Palestina Tertawa & Menolak, Ini Alasannya

Biden mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa Israel tidak boleh menduduki Gaza sambil juga mengecam kabinet perang Israel, dengan mengatakan "Israel terkadang kurang kooperatif".

Presiden AS itu juga menyatakan kekecewaannya atas beberapa langkahnya yang tidak berhasil di Gaza, seperti rencana penutupan dermaga kemanusiaan milik militer AS di lepas pantai Gaza.

AS juga Beri Sanksi Pemukim Israel

Tak hanya mendesak Israel di Gaza, AS juga memberi sanksi terhadap pemukim di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas