Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Bantah Diskusi dengan Mesir untuk Cegah Hamas Selundupkan Senjata di Poros Philadelphia

Israel membantah sedang diskusi dengan Mesir untuk memantau poros Philadelphia demi mencegah penyelundupan senjata oleh Hamas melalui terowongan.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Israel Bantah Diskusi dengan Mesir untuk Cegah Hamas Selundupkan Senjata di Poros Philadelphia
AP/Maya Alleruzzo dan AFP/SAID KHATIB
Foto Kolase Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh. --- Israel membantah sedang berdiskusi dengan Mesir untuk mencegah Hamas menyelundupkan senjata di Poros Philadelphia. 

TRIBUNNEWS.COM - Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, membantah laporan Reuters, yang menyatakan Israel sedang mendiskusikan kemungkinan menarik diri dari Poros Philadelphia.

Kantor Netanyahu mengatakan itu adalah klaim palsu.

"Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menegaskan Israel tetap berada di Poros Philadelphia," kata kantor Netanyahu, Jumat (12/7/2024).




"Ini adalah bagaimana saya menginstruksikan tim perunding dan menjelaskannya kepada perwakilan AS minggu ini dan memberitahu Dewan Menteri tadi malam," lanjutnya.

Sebelumnya, Reuters mengutip laporan tiga pejabat Mesir yang mengatakan Israel dan Mesir sedang berencana memantau Poros Philadelphia, perbatasan Mesir dan Jalur Gaza.

Mereka mengungkapkan Israel dan Mesir sedang membahas pemasangan sistem pemantauan untuk mencegah penyelundupan senjata di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata.

Menurut laporan tersebut, langkah ini akan memungkinkan Israel menarik diri dari Jalur Gaza sebagai bagian dari perjanjian tersebut.

BERITA TERKAIT

"Isu-isu ini dibahas dengan latar belakang ketakutan Israel terhadap operasi penyelundupan yang dilakukan oleh Hamas di wilayah tersebut," kata tiga pejabat Mesir kepada Reuters.

"Mereka bertujuan untuk menemukan terowongan dan rute untuk menyelundupkan senjata dan manusia ke Gaza,” lanjut laporan itu.

"Tim perunding Israel berdiskusi dengan mediator Mesir sebagai bagian dari negosiasi untuk mencapai kesepakatan guna membebaskan para tahanan di Jalur Gaza," tambahnya.

Tiga sumber itu mengatakan Mesir tidak menentang pembangunan sistem pemantauan di Poros Philadelphia, namun ada larangan yang tidak boleh dilanggar oleh Israel.

Baca juga: Yordania Tegaskan Kembali Dukungannya Terhadap Permintaan Mesir agar Israel Menarik Diri dari Rafah

"Menurut keterangan tiga pejabat itu, Mesir tidak akan menentang pembangunan sensor tersebut jika didukung dan didanai oleh Amerika Serikat," katanya.

"Namun, Mesir tidak akan menyetujui apa pun yang akan mengubah pengaturan perbatasan antara Israel dan Mesir yang ditetapkan dalam perjanjian damai sebelumnya,” lanjutnya, seperti diberitakan Al Mayadeen.

Sementara itu, dua pejabat Israel mengatakan ada kesamaan pemahaman antara AS, Mesir, dan Israel mengenai perlunya penutupan koridor Poros Philadelphia di perbatasan Mesir dan Jalur Gaza untuk mencegah penyelundupan senjata oleh Hamas melalui terowongan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas