Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Barat Abaikan Konfirmasi Media Israel atas Israel Terapkan Protokol Hannibal pada 7 Oktober

Meskipun sebuah harian besar Israel mengkonfirmasi bahwa tentara Israel membunuh banyak tentara dan warga sipil, mereka tetap diam.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Media Barat Abaikan Konfirmasi Media Israel atas Israel Terapkan Protokol Hannibal pada 7 Oktober
AFP PHOTO / JACK GUEZ
HELIKOPTER APACHE- Foto ilustrasi foto Helikopter longbow Apache AH-64 milik Israel. Surat kabar terkemuka Israel, Haaretz, mengonfirmasi bahwa para komandan militer mengarahkan pasukannya untuk membunuh tentara dan warga sipil mereka sendiri pada tanggal 7 Oktober, termasuk dengan helikopter Apache. 

Media Barat Mengabaikan Konfirmasi Israel atas Petunjuk Hannibal pada 7 Oktober

TRIBUNNEWS.COM- Media Barat mengabaikan konfirmasi Israel atas Petunjuk Hannibal pada 7 Oktober.

Meskipun sebuah harian besar Israel mengkonfirmasi bahwa tentara Israel membunuh banyak tentara dan warga sipil pada tanggal 7 Oktober, outlet berita perusahaan memilih untuk tetap diam.




Media-media besar di Barat tetap bungkam beberapa hari setelah surat kabar terkemuka Israel, Haaretz, mengonfirmasi bahwa para komandan militer mengarahkan pasukannya untuk membunuh tentara dan warga sipil mereka sendiri pada tanggal 7 Oktober, sehingga mengubah wilayah perbatasan Gaza menjadi “zona pemusnahan.”

Pencarian laporan mengenai penyelidikan Israel di media seperti CNN, New York Times, Washington Post, BBC, Reuters, AP, Wall Street Journal, NBC News, dan lainnya tidak membuahkan hasil.

Satu-satunya media berbahasa Inggris yang melaporkan berita tersebut adalah The Guardian dan The Independent.

Namun, keduanya tampaknya berusaha meremehkan pengungkapan tersebut dengan tajuk utama yang mengatakan tentara Israel “mungkin telah mempertaruhkan nyawa warga sipil” dengan menerapkan prosedur “kontroversial” yang dikenal sebagai Petunjuk Hannibal.

BERITA TERKAIT

Sebaliknya, sebagian besar media ini berulang kali menyebarkan informasi yang salah setelah operasi perlawanan Palestina pada tanggal 7 Oktober,

Termasuk klaim yang mendiskreditkan pejuang Hamas “memperkosa” wanita Israel atau adanya “bayi yang dipenggal”, sebuah klaim palsu yang bahkan dilontarkan oleh Presiden AS Joe Biden.

“Investigasi Haaretz yang komprehensif seharusnya memicu reaksi dari wartawan arus utama AS yang ditempatkan di Israel.

Jurnalis Amerika seharusnya sudah mengolah sumber mereka sendiri sejak 7 Oktober dan setidaknya siap untuk menyamai artikel Haaretz.

Sebaliknya, satu-satunya tanggapan sejauh ini adalah panel yang dipandu oleh Piers Morgan, dan podcast Mehdi Hasan/Bassem Youssef,” tulis kolumnis Mondoweiss James North awal pekan ini.

Pelaporan mengenai konfirmasi terbaru bahwa Israel melakukan pembunuhan terhadap negaranya sendiri pada tanggal 7 Oktober sebagian besar dilakukan oleh media alternatif, termasuk Middle East Monitor, People’s Dispatch, Middle East Eye, dan Truthout.

Sejak akhir bulan Oktober, The Cradle juga secara teratur melaporkan bukti-bukti baru yang menunjukkan jumlah korban tewas Israel pada tanggal 7 Oktober yang tidak diketahui jumlahnya disebabkan oleh pasukan mereka sendiri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas