Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Target Serangan Israel, Kondisi Komandan Militer Hamas Mohammed Deif Disebut Selamat dan Sehat

Israel menargetkan Mohammed Deif dengan serangan udara besar-besaran yang menurut pejabat kesehatan setempat menewaskan 90 orang.

Penulis: Nuryanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Jadi Target Serangan Israel, Kondisi Komandan Militer Hamas Mohammed Deif Disebut Selamat dan Sehat
AFP/EYAD BABA/HO
Sebuah foto selebaran tak bertanggal menunjukkan Mohammed Deif (kiri) dan asap mengepul di daerah Tel al-Sultan di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 30 Mei 2024 (kanan). Israel menargetkan Mohammed Deif dengan serangan udara besar-besaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Hamas mengatakan komandan militernya yakni Mohammed Deif dalam keadaan sehat, Minggu (14/7/2024).

Pernyataan Hamas ini disampaikan sehari setelah militer Israel menargetkan Mohammed Deif dengan serangan udara besar-besaran yang menurut pejabat kesehatan setempat menewaskan 90 orang, termasuk anak-anak.

Namun, kondisi Mohammed Deif masih belum jelas setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (13/7/2024) malam bahwa "masih belum ada kepastian mutlak" bahwa ia terbunuh.




Sementara itu, Kepala Angkatan Darat Letnan Jenderal Herzi Halevi mengatakan kepada wartawan bahwa Israel menyerang kompleks tempat Deif 'bersembunyi'.

"Masih terlalu dini untuk menyimpulkan hasil serangan, yang coba disembunyikan Hamas," katanya, Senin (15/7/2024), dilansir AP News.

Pemimpin Hamas Kecam Pembantaian Israel

Diberitakan Arab News, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada hari Sabtu menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha menghalangi gencatan senjata dalam perang Gaza.

Pasukan Israel disebut melakukan pembantaian keji, kata sebuah pernyataan oleh kelompok militan Palestina itu.

BERITA TERKAIT

Mediator internasional lalu diminta untuk bertindak menyusul dua serangan di Gaza yang menurut pejabat Palestina menewaskan lebih dari 100 orang.

Serangan Israel di kamp Al Mawasi untuk orang-orang terlantar, yang menurut Israel telah menargetkan kepala militer Hamas, menewaskan 90 orang dan melukai 300 orang, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas itu.

Mohammed Deif Paling Dicari Israel

Di sisi lain, perwakilan Hamas tidak memberikan bukti untuk mendukung pernyataan mereka tentang kesehatan Mohammed Deif.

Baca juga: Militer Israel Klaim Bunuh 2 Pemimpin Hamas, Netanyahu Malah Berkata Sebaliknya

Pembunuhan terhadap Mohammed Deif akan menandai pembunuhan paling terkenal terhadap pemimpin Hamas oleh Israel sejak perang dimulai.

Deif telah lama berada di puncak daftar orang paling dicari di Israel dan telah bersembunyi selama bertahun-tahun.

Militer Israel mengatakan Rafa Salama, seorang komandan Hamas yang digambarkan sebagai salah satu rekan terdekat Deif, tewas dalam serangan hari Sabtu.

Adapun Salama diketahui memimpin brigade Khan Younis milik Hamas.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas