Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Satu mobil dicuri tiap menit di Kanada - Mengapa Kanada jadi pusat mobil curian sedunia?

Warga Kanada yang muak dengan pencurian mobil yang marak di negaranya mencoba berbagai cara untuk melindungi mobil mereka, mulai dari…

zoom-in Satu mobil dicuri tiap menit di Kanada - Mengapa Kanada jadi pusat mobil curian sedunia?
BBC Indonesia
Satu mobil dicuri tiap menit di Kanada - Mengapa Kanada jadi pusat mobil curian sedunia? 

Ketika Logan LaFarniere terbangun pada suatu pagi di bulan Oktober 2022, dia menyadari truk Ram Rebel miliknya raib.

Kamera keamanannya merekam dua pria menerobos masuk ke dalam mobil pikap tersebut saat tengah malam di luar rumahnya di Milton, Ontario, Kanada, dan pergi mengendarai mobil itu.

Beberapa bulan kemudian, truk yang sama muncul di situs jual-beli kendaraan di Ghana, negara di Afrika yang berjarak sekitar 8.500 km dari Ontario.

“Ciri khasnya adalah tempat laptop yang kami pasang di belakang kursi pengemudi untuk putra saya, dan di dalamnya ada sampah yang dia taruh di sana,” kata LaFerniere kepada BBC.

Ciri-ciri lain yang menunjukkan bahwa itu mobilnya terlihat pada beberapa foto mobil tersebut, katanya.

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa itu adalah kendaraan saya.”

Kisah LaFarniere bukanlah sesuatu yang unik. Pada 2022, lebih dari 105.000 mobil dicuri di Kanada – sekitar satu mobil setiap lima menit.

BERITA TERKAIT

Korban pencurian dari warga awam sampai Menteri Kehakiman Federal Kanada. Mobil dinas Toyota Highlander XLE miliknya diambil dua kali oleh pencuri.

Awal musim panas ini, Interpol memasukkan Kanada ke dalam 10 negara dengan rekam jejak terburuk dalam hal pencurian mobil dari 137 negara yang ada dalam bank data mereka.

Oleh juru bicara Interpol, hal ini disebut sebagai sebuah prestasi yang “luar biasa”, mengingat Kanada baru mulai mengintegrasikan data mereka dengan organisasi kepolisian internasional pada bulan Februari silam.

Pihak berwenang mengatakan begitu mobil-mobil ini dicuri, mobil tersebut akan disalahgunakan dalam kejahatan lainnya, dijual ke warga Kanada lain yang tidak menaruh curiga, atau dikirim ke luar negeri untuk dijual kembali.

Interpol mengatakan pihaknya mendeteksi lebih dari 1.500 mobil di seluruh dunia yang telah dicuri dari Kanada sejak Februari silam.

Pencurian mobil merupakan sebuah epidemi sehingga dinyatakan sebagai “krisis nasional” oleh Biro Asuransi Kanada, yang mengatakan bahwa perusahaan asuransi harus membayar klaim senilai lebih dari C$1,5 miliar (Rp17,8 triliun) akibat pencurian mobil tahun lalu.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas