Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Menolak Pembicaraan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide Mengenai Pengakuan Palestina

Media Israel mengklaim Tel Aviv menolak beberapa permintaan Kementerian Luar Negeri Norwegia untuk melakukan pembicaraan sejak Mei

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Menolak Pembicaraan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide Mengenai Pengakuan Palestina
Fayez Nureldine / AFP
Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide menghadiri pertemuan tingkat menteri yang diadakan di Riyadh pada 29 April 2024, untuk membahas krisis Gaza di tengah konflik yang sedang berlangsung di wilayah Palestina antara Israel dan kelompok militan Hamas. 

Israel Menolak Pembicaraan dengan Menlu Norwegia Mengenai Pengakuan Palestina

TRIBUNNEWS.COM- Israel menolak pembicaraan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide mengenai pengakuan Palestina.

Media Israel mengklaim Tel Aviv menolak beberapa permintaan Kementerian Luar Negeri Norwegia untuk melakukan pembicaraan sejak Mei




Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz telah menolak permintaan kunjungan mitranya dari Norwegia, Espen Barth Eide, karena pengakuan Oslo atas negara Palestina.

Menurut Menteri Luar Negeri Israel, Menteri Luar Negeri Norwegia telah mendesak diadakannya pertemuan beberapa kali sejak Oslo mengakui negara Palestina pada bulan Mei.

Eide mengkonfrontasi Katz pada pertemuan puncak NATO minggu lalu di Washington, dan menegaskan bahwa dia memiliki banyak hal untuk didiskusikan dengan Katz; namun, menteri luar negeri Israel menanggapinya dengan mengatakan, “Anda juga telah melakukan banyak hal kepada kami,” mengacu pada pengakuan Norwegia terhadap Palestina.

Pada akhir Mei, Norwegia, bersama Spanyol dan Irlandia, menegaskan pengakuannya atas negara Palestina yang bersatu, yang mencakup Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya di bawah kekuasaan otoritas nasional Palestina.

BERITA TERKAIT

Eide sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan pengakuan bersama atas Palestina akan mengakhiri konflik yang sedang berlangsung, namun menekankan bahwa hal itu adalah “komponen kunci” bagi keharmonisan regional.

Tanggapan Israel terhadap perkembangan tersebut adalah dengan menarik duta besarnya dari tiga negara Eropa, selain melarang kunjungan diplomatik dan visa ke Irlandia, Norwegia, dan Spanyol.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas