Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Ungkap Rincian Serangan Drone ke Tel Aviv, Punya Stok Drone Sangat Banyak Bisa Tempuh 2000 KM

Sumber Yaman mengatakan kepada media Lebanon bahwa Sanaa memiliki ‘stok yang sangat besar’ dari drone produksi lokal yang menargetkan Tel Aviv.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Houthi Ungkap Rincian Serangan Drone ke Tel Aviv, Punya Stok Drone Sangat Banyak Bisa Tempuh 2000 KM
Tangkapan layar X/Al Mayadeen
Pejuang perlawanan Houthi Yaman menyatakan Tel Aviv sebagai 'zona tidak aman' setelah serangan pesawat nirawak atau Drone mereka yang berhasil sampai di tujuan. Militer Israel menyalahkan 'Human Error' atas kegagalan mereka membunyikan sirene serangan udara atau mencegat pesawat tanpa awak yang mereka konfirmasi datang dari selatan. 

Houthi Yaman Ungkap Rincian Serangan Drone ke Tel Aviv, Punya Stok Drone Yaffa Sangat Banyak

TRIBUNNEWS.COM- Yaman mengungkap rincian serangan Tel Aviv yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sumber Yaman mengatakan kepada media Lebanon bahwa Sanaa memiliki ‘stok yang sangat besar’ dari drone produksi lokal yang digunakan untuk menargetkan Tel Aviv.




Drone Yaman yang berhasil menargetkan Tel Aviv pada awal 19 Juli adalah produksi lokal, menurut sumber yang berbicara dengan Al Mayadeen.

Drone Yafa, yang namanya diambil dari nama kota Jaffa di Palestina tempat Tel Aviv dibangun,
“diproduksi dan dikembangkan secara lokal [selama perang], setelah negara-negara Arab mencegat [drone] Yaman yang menargetkan Umm al-Rashrash (Eilat), setelahnya 7 Oktober,” kata sumber Yaman kepada Al Mayadeen pada hari Jumat.

Angkatan Bersenjata pemerintah Sanaa Yaman memiliki stok drone jenis ini yang “sangat besar”, tambah sumber itu.

Mampu Menempuh Jarak 2000 KM

“Ini bukan senjata terakhir… [Drone ini] mampu menempuh jarak lebih dari 2.000 km, dan dilengkapi dengan sistem gangguan dan infiltrasi modern… [Operasi] bertepatan dengan operasi angkatan laut yang sedang berlangsung, sesuai dengan tujuan yang diumumkan oleh Yaman. tentara. Operasinya tidak akan berhenti,” lanjut sumber itu.

BERITA TERKAIT

“Target bank di Jaffa [Tel Aviv] beragam… tidak akan pernah aman lagi… operasi ini dianggap sebagai keberhasilan militer tingkat lanjut.”

Tentara Israel mengidentifikasi drone tersebut sebagai Samad-3 buatan Iran, yang dimodifikasi agar memiliki jangkauan yang lebih luas, media Israel melaporkan.

Angkatan Bersenjata Yaman – yang bersekutu dengan gerakan perlawanan Ansarallah – mengumumkan serangan pesawat tak berawak yang melanda Tel Aviv pada awal 19 Juli. Setidaknya satu warga Israel tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan itu, namun gagal memicu alarm.

Dalam pernyataannya, juru bicara militer Yaman Yahya Saree menyatakan Tel Aviv sebagai “zona tidak aman dan target utama dalam jangkauan senjata kami.” Dia mengungkapkan bahwa Sanaa memiliki “sekumpulan sasaran di Palestina yang diduduki, termasuk sasaran militer dan keamanan yang sensitif, dan dengan bantuan Allah, akan terus menyerang sasaran-sasaran ini sebagai respons terhadap pembantaian musuh dan kejahatan sehari-hari terhadap saudara-saudara kita di Gaza.”

Drone Yafa tidak membunyikan alarm apa pun saat memasuki wilayah udara Israel dari selatan sebelum menghantam sebuah gedung dekat konsulat AS di Tel Aviv.

Menurut media Israel, tentara menyalahkan kegagalan mereka dalam mencegat drone tersebut karena “kesalahan manusia.” Angkatan udara juga sedang menyelidiki mengapa drone tersebut tidak membunyikan sirene setelah memasuki wilayah udara Israel dari selatan.

Radio Angkatan Darat Israel melaporkan pada Jumat pagi bahwa penyelidikan awal dari pihak militer menunjukkan bahwa sistem pertahanan udara mendeteksi drone tersebut, namun tidak diklasifikasikan sebagai ancaman udara. Oleh karena itu, tidak ada alarm yang diaktifkan, dan target tidak ditembak jatuh.

Serangan drone yang berhasil “seharusnya tidak terjadi,” kata Angkatan Udara Israel. Tentara Israel mengatakan jet tempur akan meningkatkan patroli di langit Tel Aviv.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas