Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Adidas Tak Mau Sakiti Perasaan Israel, Batalkan Bella Hadid yang Bela Palestina Sebagai Model Iklan

Adidas menjaga perasaan publik Israel yang menganggap Bella Hadid melakukan tindakan antisemit.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Adidas Tak Mau Sakiti Perasaan Israel, Batalkan Bella Hadid yang Bela Palestina Sebagai Model Iklan
Kolase Tribunnews
Bella Hadid. Ia dibatalkan jadi model sepatu Adidas karena tekanan dari Israel. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adidas, perusahaan pakaian olahraga berbasis Jerman menghapus Bella Hadid dari kampanye iklan setelah mendapat kritik dari Israel.

Adidas telah menarik gambar model Bella Hadid dari iklan yang mempromosikan sepatu olahraga yang pertama kali diluncurkan bertepatan dengan Olimpiade Munich 1972.

Adidas menjaga perasaan publik Israel yang menganggap Bella Hadid melakukan tindakan antisemit karena ikut menyuarakan slogan," "Dari sungai hingga ke laut, Palestina akan bebas."




Bella Hadid sebelumnya ditunjuk menjadi model iklan yang mempromosikan sepatu olahraga SL72 yang pertama kali diluncurkan bersamaan dengan Olimpiade Munich 1972.

Akun resmi Israel di X mengatakan mereka keberatan dengan Hadid sebagai “wajah kampanye Adidas” dalam sebuah postingan yang mencatat bahwa “sebelas warga Israel dibunuh oleh teroris Palestina selama Olimpiade Munich”.

Kedutaan Besar Israel di Jerman mengkritik pilihan Hadid untuk kampanye tersebut.

“Coba tebak siapa wajah kampanyenya? Bella Hadid, seorang model keturunan Palestina yang telah menyebarkan anti-Semitisme di masa lalu dan menghasut kekerasan terhadap orang Israel dan Yahudi,” tulis Kedutaan Besar Israel di Jerman di X pada hari Kamis lalu.

BERITA TERKAIT

“Bagaimana Adidas sekarang dapat mengklaim bahwa referensi tersebut [ke peristiwa di Munich] ‘sepenuhnya tidak disengaja’?” Ron Prosor, duta besar Israel untuk Jerman, mengatakan hal tersebut sebagai tanggapan atas penurunan perusahaan tersebut.

Bella Hadid telah berulang kali mengkritik pemerintah Israel dan mendukung Palestina selama bertahun-tahun dan pada tanggal 23 Oktober membuat pernyataan di Instagram yang menyesali hilangnya nyawa tak berdosa sambil menyerukan para pengikutnya untuk menekan para pemimpin mereka untuk melindungi warga sipil di Gaza.

Bella Hadid juga pernah mengkritik menteri keamanan nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, setelah sang menteri mengatakan hak untuk hidup dan bergerak bagi pemukim Israel di Tepi Barat lebih penting daripada hak tinggal warga Palestina.

Bulan lalu, Bella Hadid dan saudara perempuannya, Gigi Hadid, menyumbangkan 1 juta dolar AS untuk mendukung upaya bantuan Palestina dalam perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Adidas sendiri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kampanye sepatu SL72 “menyatukan berbagai mitra”.

Dikatakan: “Kami sadar bahwa ada kaitan dengan peristiwa sejarah yang tragis – meskipun ini sepenuhnya tidak disengaja – dan kami meminta maaf atas segala kekecewaan atau kesusahan yang ditimbulkan.

“Sebagai hasilnya, kami merevisi sisa kampanye.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas