Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kamala Harris dapat Dukungan Tokoh-tokoh Penting Partai Demokrat, Termasuk Bill dan Hillary Clinton

Harris dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui kampanye Biden mengatakan, dirinya merasa terhormat mendapat dukungan dari presiden

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kamala Harris dapat Dukungan Tokoh-tokoh Penting Partai Demokrat, Termasuk Bill dan Hillary Clinton
AFP/SAUL LOEB
Wakil Presiden AS Kamala Harris berbicara dari jarak jauh di Generation Equality Forum di Paris dari Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC, 30 Juni 2021. - Joe Biden pada 21 Juli 2024 mengundurkan diri dari pemilihan presiden AS dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon baru dari Partai Demokrat, dalam langkah mengejutkan yang mengubah persaingan luar biasa untuk Gedung Putih pada 2024. Biden, 81, mengatakan bahwa ia bertindak demi "kepentingan terbaik partainya dan negara" dengan tunduk pada tekanan selama berminggu-minggu setelah debat yang gagal pada bulan Juni melawan Donald Trump memicu kekhawatiran tentang usia dan kebugaran mentalnya. (Photo by SAUL LOEB / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, AS - Hanya dalam beberapa menit setelah Joe Biden menyatakan mengundurkan diri dan memberikan Kamala Harris sebagai calon penggantinya, dukungan kepada Harris mengalir.

Hanya sekitar 20 menit setelah Biden mengumumkan pengunduran dirinya dan beberapa menit sebelum presiden mendukung Harris, Gubernur Colorado dari Partai Demokrat, Jared Polis muncul untuk mendukung Harris dalam sebuah posting di X.

Postingan  hanya berisi tiga emoji: kelapa, pohon palem, dan bendera Amerika yang disebut-sebut sebagai meme pro-Harris yang telah membanjiri internet dalam beberapa minggu terakhir.

Para petinggi Partai Demokrat lainnya, termasuk Bill dan Hillary Clinton, Ketua Kaukus Kulit Hitam Kongres dan Kaukus Progresif Kongres, serta Senator Elizabeth Warren - menyusul menyuarakan dukungan mereka terhadap Harris.

Salah satu pendukungnya yang paling terkenal adalah Jim Clyburn, anggota parlemen Carolina Selatan yang berpengaruh yang dukungannya terhadap Joe Biden pada tahun 2020 meningkatkan pencalonannya pada saat yang genting.

“Saya menggemakan penilaian yang baik yang dia tunjukkan dalam memilih Wakil Presiden Harris untuk memimpin bangsa ini bersamanya, dan saya bangga mengikuti jejaknya dalam mendukung pencalonannya untuk menggantikannya sebagai calon Presiden 2024 dari Partai Demokrat,” tulis Clyburn pada hari Minggu seperti dilansir dari Bussines Insider.

Baca juga: Donald Trump Sebut Kamala Harris Lebih Mudah Dikalahkan di Pilpres AS

Harris dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui kampanye Biden mengatakan, dirinya merasa terhormat mendapat dukungan dari presiden.

BERITA TERKAIT

"Niat saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini,” katanya.

Dikatakan Harris, selama setahun terakhir dirinya telah melakukan perjalanan ke seluruh negeri, berbicara dengan warga Amerika tentang pilihan yang jelas dalam pemilihan yang penting ini.

"Dan itulah yang akan terus saya lakukan di hari-hari dan minggu-minggu mendatang,” kata Harris.

Pada pukul 17.00, komite kampanye Biden telah mengajukan pemberitahuan kepada Komisi Pemilihan Umum Federal yakni mereka mengubah namanya dari “Biden for President” menjadi “Harris for President.”

Dilaporkan CBS News, Harris masih harus memenangkan nominasi pada konvensi Partai Demokrat bulan depan namun para pesaing utamanya sudah keluar dari persaingan membuka jalan baginya untuk mengambil alih kursi presiden.

Serangan Balik Trump dan Partai Republik

Di sisi lain, Partai Republik juga telah bersiap menghadapi Harris.

Mereka tidak membuang waktu untuk melancarkan serangan terhadapnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas