Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologi Sesama Militer Israel Bentrok di Penjara 'Guantanamo Israel' di Negev, Apa yang Terjadi?

Bentrokan pecah antara petugas polisi militer di satu sisi dan tentara IDF dan aktivis sayap kanan di pangkalan militer Sde Teiman di Gurun Negev

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kronologi Sesama Militer Israel Bentrok di Penjara 'Guantanamo Israel' di Negev, Apa yang Terjadi?
khaberni
Tentara Israel (IDF) di Penjara Sde Teiman di Gurun Negev. Polisi Militer Israel dan IDF dari divisi reserve (cadangan) terlibat bentrok di fasilitas penjara ini saat polisi militer mencoba menahan sembilan IDF yang diduga menyiksa dan memperkosa tahanan Palestina di penjara tersebut. 

Polisi Militer Israel Bentrok dengan Tentara IDF dan Aktivis Ekstrimis di 'Guantanamo Israel', Apa yang Terjadi?

 
TRIBUNNEWS.COM - Ratusan ekstremis Israel dari gerakan sayap kanan menyerbu kamp penahanan di pangkalan militer Sde Teiman di Gurun Negev, Senin (29/7/2024) malam.

Penjara di pangkalan militer itu merupakan lokasi tentara dan dinas keamanan Israel menahan para warga Palestina dari Jalur Gaza sejak awal perang.

Pada Senin, polisi militer Israel hendak menangkap 9 tentara Israel (IDF) dari divisi reserve (cadangan), untuk menyelidiki keterlibatan atas dugaan pelecehan seksual dan pelecehan terhadap banyak tahanan.

Baca juga: Awas Perang! Yordania Tangguhkan Semua Penerbangan ke Beirut, AS Minta Warganya Tinggalkan Lebanon

Penangkapan ini mendapat penentangan dari sejumlah anggota tentara IDF yang didukung oleh ratusan ekstremis yang datang guna mencegah penahanan tersebut.

"Para penyusup tetap berada di dalam pangkalan selama beberapa waktu, karena mereka didukung dalam penyerbuan dan protes oleh puluhan tentara cadangan bertopeng dan bersenjata, beberapa di antaranya membawa slogan “Angkatan 100” di seragam militer mereka," tulis laporan Khaberni menjelaskan kronologi bentrokan.

Bentrokan akhirnya pecah antara petugas polisi militer di satu sisi dan tentara IDF dan aktivis sayap kanan di sisi lain, ketika mereka berusaha mencegah penahanan tentara yang dicurigai melakukan pelecehan seksual terhadap seorang tahanan Gaza yang mengalami cedera serius.

BERITA TERKAIT

Polisi militer Israel akhirnya dapat memindahkan tentara yang ditangkap ke pangkalan militer Beit Lid di utara Tel Aviv untuk menginterogasi para tentara IDF terduga penyiksa dan peleceh tahanan Palestina.

Namun, aksi para ekstremis Israel berlanjut dan segera menuju ke pangkalan itu juga dan menyerbunya.

Saluran 12 Israel melaporkan, pihak IDF kemudian mengirim dua batalion dari Brigade Nahal untuk mengamankan pangkalan Beit Lid dari serbuan ekstremis Israel dan rekan-rekan tentara IDF yang diamankan polisi militer Israel.

Penjara Apa Sde Teiman? Mengapa Berada di Dalam Pangkalan Militer?

Penjara Sde Teiman, fasilitas penahanan yang kemudian dikenal sebagai “Guantanamo Israel,” terletak di dalam pangkalan militer Sde Teiman Komando Selatan Angkatan Darat Israel.

Fasilitas ini dibuka kembali dengan pecahnya perang di Gaza pada tanggal 7 Oktober 2023, dengan tujuan menahan warga Palestina yang ditangkap dari Jalur Gaza, serta unsur “Unit elite Brigade Izz al-Din al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Hamas, yang ditangkap selama pertempuran al -Banjir Aqsa.

Pangkalan militer tersebut – yang didirikan pada awal tahun 1940-an pada masa Mandat Inggris, dan terletak sekitar 10 kilometer barat laut kota Beersheba – juga mencakup markas alternatif Direktorat Koordinasi dan Penghubung di Gaza, berfungsi sebagai markas alternatif dalam situasi darurat di perbatasan Gaza.

Pangkalan militer ini kemudian juga memiliki fungsi sebagai fasilitas Penahanan yang juga digunakan selama operasi militer IDF sebelumnya di Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas