Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Hizbullah, Israel, dan Dataran Tinggi Golan: Mengapa serangan yang menewaskan 12 anak memicu kekhawatiran terjadi perang?

Serangan mematikan di lapangan olahraga di Dataran Tinggi Golan pada akhir pekan lalu menyebabkan kekhawatiran akan terjadinya perang…

zoom-in Hizbullah, Israel, dan Dataran Tinggi Golan: Mengapa serangan yang menewaskan 12 anak memicu kekhawatiran terjadi perang?
BBC Indonesia
Hizbullah, Israel, dan Dataran Tinggi Golan: Mengapa serangan yang menewaskan 12 anak memicu kekhawatiran terjadi perang? 

Serangan mematikan di lapangan olahraga di Dataran Tinggi Golan pada akhir pekan lalu menimbulkan kekhawatiran bakal terjadi perang baru di wilayah tersebut.

Israel mengatakan kelompok milisi Hizbullah yang berbasis di Lebanon berada di balik serangan, meski kelompok tersebut membantahnya.

Apa yang terjadi dalam serangan di Dataran Tinggi Golan?

Pada Sabtu (27/07), sebuah ledakan menghantam lapangan bermain di Kota Majdal Shams, menewaskan 12 anak-anak dan remaja dari komunitas minoritas Druze.

Ini adalah insiden paling mematikan di sekitar perbatasan Israel dengan Lebanon sejak pertikaian antara Israel dan Hizbullah meningkat sejak bulan Oktober 2023 silam.

Serangan tersebut – yang menewaskan anak-anak – menyebabkan kemarahan dan syok di Israel dan di seluruh dunia.

Israel mengatakan Hizbullah melakukan serangan itu dengan roket buatan Iran, yang ditembakkan dari jarak dekat di Lebanon.

AS juga mengatakan Hizbullah adalah pihak yang harus disalahkan.

BERITA TERKAIT

Namun Hizbullah dengan tegas membantah keterlibatannya.

Apa itu Hizbullah?

Hizbullah adalah gerakan militer dan politik bersenjata lengkap yang berbasis di Lebanon – negara tetangga di utara Israel.

Sayap militernya adalah salah satu kekuatan paling kuat di kawasan ini, dilengkapi dengan sekitar 200.000 rudal dan roket, serta drone tempur.

Pasukan ini terpisah dari tentara Lebanon dan jauh lebih kuat.

Hizbullah juga berpengaruh secara politik di pemerintahan Lebanon.

Gerakan ini memiliki haluan Islam Syiah, serta dibiayai, dilengkapi, dan dilatih oleh Iran, kekuatan Syiah yang dominan di Timur Tengah.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas