Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penghormatan Terakhir Iran kepada Ismail Haniyeh dalam Upacara Kematian Selayaknya Ebrahim Raisi

Iran beri penghormatan terakhir seperti pemakaman Ebrahim Raisi kepada Ismail Haniyeh dalam upacara kematiannya di Teheran, Iran.

Penulis: tribunsolo
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Penghormatan Terakhir Iran kepada Ismail Haniyeh dalam Upacara Kematian Selayaknya Ebrahim Raisi
Majid Saeedi / GETTY IMAGES EUROPE / Getty Images via AFP
TEHERAN, IRAN - 31 JULI: Ratusan warga Iran yang berunjuk rasa ikut serta dalam protes terhadap pembunuhan Ismail Haniyeh, kepala politik Hamas, di Palestine Square di Teheran, Rabu, 31 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM – Iran beri penghormatan terakhir kepada Ismail Haniyeh dalam upacara kematian yang diadakan di Teheran, Iran, Kamis (1/8/2024).

Sebagai penghormatan terakhir Iran, jenazah Haniyeh diberi perlakuan yang sama seperti pemakaman mendiang presiden negara tersebut sebelumnya, Ebrahim Raisi.

Dilansir Al Jazeera, presiden Iran yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter itu dimakamkan pada Rabu (22/5/2024) lalu.

Upacara pemakamannya dilakukan di Universitas Teheran, dengan ribuan pelayat hadir sambil membawa fotonya.

Spanduk-spanduk fotonya juga dipasang di area kota sebagai penghormatan terakhir kepada mendiang presiden Iran itu.

Sama halnya dengan upacara kematian Ismail Haniyeh yang diadakan di Universitas Teheran disertai spanduk-spanduk fotonya sebagai penghormatan terakhir.

Negara tersebut juga mengumumkan tiga hari masa berkabung publik, menurut laporan media pemerintah Iran, dikutip dari CNN Internasional.

BERITA TERKAIT

Bahkan, sama seperti dalam upacara kematian Ebrahim Raisi, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa dalam upacara kematian pemimpin Hamas itu.

Sidang Majelis Pakar Iran yang digelar pada hari Selasa (21/5/2024) ini. Sidang tersebut menjadi pertemuan pertama kalinya para pejabat pemerintahan Iran pasca Presiden Ebrahim Raisi meninggal dalam kecelakaan di hari Minggu (19/5/2024).
Sidang Majelis Pakar Iran yang digelar pada hari Selasa (21/5/2024) ini. Sidang tersebut menjadi pertemuan pertama kalinya para pejabat pemerintahan Iran pasca Presiden Ebrahim Raisi meninggal dalam kecelakaan di hari Minggu (19/5/2024). (IRNA/Akbar Tavakkoli)

Doa berlangsung di Universitas Teheran kemudian jenazah dibawa ke Lapangan Azadi, yang jaraknya sekitar 6 kilometer, menurut kantor berita Iran Mehr News.

Ribuan orang juga menghadiri upacara tersebut untuk memberi penghormatan terakhir kepada pemimpin Hamas itu.

Perlakuan tersebut berkaitan dengan Iran sebagai tuan rumah dan pemimpin Hamas yang tengah menjadi tamu negaranya itu terbunuh di ibu kotanya, Teheran.

Baca juga: Upacara Kematian Ismail Haniyeh Diadakan di Teheran, Pemimpin Tertinggi Iran Pimpin Doa

Seorang profesor dari Universitas Teheran, Foad Izadi mengatakan, terbunuhnya seorang pejabat tinggi di ibukota merupakan hal yang mengejutkan.

"Ketika seorang pejabat tinggi terbunuh di ibu kota, ini merupakan suatu kejutan," kata Izadi, dikutip dari Al Jazeera.

Izadi juga mengatakan, untuk menghormati Haniyeh, Iran memberinya perlakuan yang sama seperti Ebrahim Raisi.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas