Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Sewot, Tak Terima Kedubes Turki Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Ismail Haniyeh

Kementerian Luar Negeri Israel memanggil wakil duta besar Turki setelah mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati mendiang Ismail Haniyeh.

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Sri Juliati
zoom-in Israel Sewot, Tak Terima Kedubes Turki Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Ismail Haniyeh
X/Twitter
Turki Mengibarkan bendera setengah tiang di kompleks kedutaan besar di Israel untuk menghormati mendiang pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh pada Jumat 2 Agustus 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Israel memanggil Wakil Duta Besar Turki karena mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati mendiang pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan memanggil Wakil Duta Besar Turki untuk memberikan teguran.

Menurut Katz, hal tersebut tidak diterapkan di Israel, terlebih untuk menghormati Haniyeh.

"Israel tidak akan menerima pernyataan ikut berkabung untuk seorang pembunuh seperti Ismail Haniyeh," kata Katz dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantornya, dikutip dari The Times of Israel.

Karena Israel tidak menerima hari berkabung untuk Haniyeh, Dubes Turki diminta meninggalkan Israel jika ingin memperingati kematian Haniyeh.

"Jika perwakilan kedutaan ingin berkabung, biarkan mereka pergi ke Turki dan berkabung bersama dengan tuan mereka Erdogan, yang mendukung organisasi Hamas dan mendukungnya," jelas Katz.

Menanggapi pernyataan Katz, juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Oncu Keceli menegaskan bahwa perdamaian tak akan bisa dicapai dengan cara Israel sekarang.

BERITA TERKAIT

"Anda tidak dapat mencapai perdamaian dengan membunuh negosiator, mengancam diplomat," kata Oncu Keceli, dikutip dari Middle East Monitor.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengumumkan hari berkabung nasional pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Diketahui, Ismail Haniyeh dan pengawalnya tewas dalam serangan terhadap tempat tinggal mereka di Teheran, Iran pada Rabu pagi.

"Haniyeh dan pengawalnya tewas dalam serangan terhadap akomodasi mereka di ibu kota Iran pada pukul 2:00 pagi (2230 GMT) pada hari Rabu," kata Garda Revolusi Iran.

Pemimpin Hamas itu berada di Teheran untuk menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian yang baru terpilih pada Selasa.

Baca juga: Erdogan Marah, Turki Blokir Akses Instagram Gara-gara Hapus Postingan Ucapan Duka ke Ismail Haniyeh

Iran telah menyalahkan Israel atas pembunuhan itu, tetapi Tel Aviv menolak untuk mengonfirmasi atau menyangkal keterlibatannya.

Turki Blokir Instagram usai Hapus Ucapan Duka untuk Haniyeh

Selain itu, Otoritas Komunikasi Nasional BTK mengatakan, Turki telah memblokir akses ke Instagram pada Jumat (2/8/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas