Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

625.000 Anak di Gaza Kehilangan Kesempatan Belajar, 9.211 Siswa Tewas, 93 Persen Sekolah Rusak

Perang di Gaza yang meletus sejak 7 Oktober 2023 menyebabkan 625.000 anak-anak Palestina di Gaza kehilangan kesempatan bersekolah.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in 625.000 Anak di Gaza Kehilangan Kesempatan Belajar, 9.211 Siswa Tewas, 93 Persen Sekolah Rusak
Mohammed Abed/AFP
Anak-anak Palestina dengan badan dan muka penuh debu oleh serangan udara Israel di sebuah rumah sakit di Rafah, Jalur Gaza selatan, 23 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Perang di Gaza yang meletus sejak 7 Oktober 2023 menyebabkan 625.000 anak-anak Palestina di Gaza kehilangan kesempatan bersekolah untuk satu tahun ajaran. 

Perang antaa Israel melawan Hamas di Gaza juga menyebabkan 9.211 anak-anak di Gaza tewas.

Perang brutal yang terus berlarut-larut dan berlangsung selama 1 bulan ini menyebabkan kesehatan mental anak-anak di Gaza memburuk. Begitu juga kesehatan mental para guru dan pendidik, serta pengasuh.

Seorang anak laki-laki Palestina berjalan melewati reruntuhan sekolah yang hancur akibat serangan udara Israel di Deir al-Balah, Jalur Gaza tengah, Sabtu, 27 Juli 2024. (AP)

Mengutip Al Mayadeen, sebanyak 625.000 siswa yang terdaftar di Gaza pada tanggal 30 Juli 2024, semuanya telah melewatkan satu tahun akademik penuh.

Sekolah UNRWA OK
Pemandangan Sekolah Palestina yang dikelola UNRWA hancur oleh serangan Israel menghantam Kamp Jabalia di Jabalia, Gaza pada 12 Desember 2023.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, 39.000 siswa tidak menghadiri ujian resmi evaluasi sekolah menengah atas untuk kelas 12, menurut laporan situasi oleh Relief Web.

Kebanyakan dari mereka mungkin tidak akan pernah bersekolah lagi, dan tidak satupun dari mereka dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi.

BERITA TERKAIT

Bangunan sekolah tidak bisa dipakai para siswa untuk belajar karena penuh oleh keluarga warga Gaza yang pengungsi dan sangat membutuhkan perlindungan setelah tempat tinggal mereka dihancurkan Israel.

Ruang kelas dan lorong dipenuhi kasur dan selimut; meja diubah menjadi lemari dan dinding; dan taman bermain dilapisi dengan tenda dan terpal, sehingga sangat membebani beberapa fasilitas WASH yang tersedia.

Selain itu, kondisi yang terlalu padat menyebabkan suasana yang tidak bersih, penyebaran penyakit yang cepat, risiko cedera yang lebih tinggi karena kurangnya privasi, dan kerusakan pada peralatan dan perabotan.

Baca juga: Perang Iran-Israel Segera Meletus, Kepala Komando Pusat AS Sibuk Melobi Sekutu di Timur Tengah

Kesehatan psikologis dan mental anak-anak, pendidik, dan pengasuh semuanya sangat menderita akibat keadaan ini, yang juga sangat merugikan kemampuan anak-anak dalam menggunakan hak mereka atas pendidikan.

93 Persen Sekolah di Gaza Rusak

Pada 30 Juli 2024, Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi (MoEHE) Negara Palestina mengatakan bahwa sejak 7 Oktober, lebih dari 14,237 siswa dan 2,246 instruktur terluka di Jalur Gaza, sementara 9,211 siswa dan 397 anggota staf kependidikan telah tewas di tangan pasukan Israel.

Infrastruktur yang mendukung sistem pendidikan Gaza juga terkena dampak parah. Sebanyak 92,9 persen sekolah mengalami kerusakan langsung, tidak langsung, dan mungkin terjadi pada bangunannya.

Sekolah Khalifa Bin Zayed di Gaza OK
Bangunan Sekolah Khalifa Bin Zayed yang hancur lebur oleh serangan roket jet tempur Israel di Beit Lahia, Gaza, pada 26 Desember 2023.

Setidaknya 84,6 persen sekolah perlu dibangun kembali atau menjalani perbaikan besar-besaran. Sekolah-sekolah yang dikelola PBB di bawah yurisdiksi UNRWA merupakan sepertiga dari sekolah-sekolah yang rusak parah atau menjadi sasaran langsung sekolah-sekolah tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas