Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saksi Mata Serangan Pantai di Ibu Kota Somalia, Mogadishu: Korban Berlarian Berusaha Selamatkan Diri

Sebanyak 32 orang tewas dalam serangan pantai oleh al-Shabab di ibu kota Somalia, Mogadishu.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Saksi Mata Serangan Pantai di Ibu Kota Somalia, Mogadishu: Korban Berlarian Berusaha Selamatkan Diri
AFP/HASSAN ALI ELMI
ILUSTRASI Warga membawa jenazah korban di Mogadishu pada 30 Oktober 2022 setelah sebuah bom mobil menargetkan kementerian pendidikan pada 29 Oktober 2022. - Dua bom mobil besar mengguncang kementerian pendidikan Somalia di ibu kota Mogadishu yang menyebabkan korban jiwa dan memecahkan kaca jendela gedung-gedung di dekatnya, kata polisi dan saksi. Ledakan serentak terjadi di sepanjang jalan Zobe dan menimbulkan berbagai korban jiwa. (Photo by HASSAN ALI ELMI / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak 32 orang tewas dalam serangan pantai oleh al-Shabab di ibu kota Somalia, Mogadishu.

Lebih dari 60 orang juga terluka, beberapa dari mereka kritis, dalam serangan di tepi laut yang sering dikunjungi warga Somalia di akhir pekan.

Korban tewas dan banyak lainnya terluka dalam serangan bom bunuh diri dan serangan bersenjata.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung dari al Shabaab yang terkait dengan al Qaeda, yang sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan serupa, termasuk serangan bom mobil pada 2022.

Dikutip dari Aljazeera, Serangan itu dimulai ketika seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di pintu masuk Hotel Beach View.

Beberapa penyerang lainnya mencoba menyerbu hotel dan juga menembaki orang-orang di pantai, tempat banyak penduduk berjalan atau duduk, menurut saksi mata dan polisi.

"Lebih dari 32 warga sipil tewas dalam serangan ini, dan sekitar 63 lainnya terluka, beberapa di antaranya kritis," kata juru bicara polisi Abdifatah Adan Hassan kepada wartawan, menambah jumlah korban tewas awal dari tujuh.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, pasukan keamanan telah membunuh semua penyerang di lokasi kejadian dan menangkap satu orang lainnya yang mengendarai mobil berisi bahan peledak.

Seorang tentara tewas dan seorang lainnya mengalami luka-luka, imbuhnya.

Seorang saksi mata mengatakan kepada kantor berita The Associated Press melalui panggilan telepon bahwa ia melihat seorang penyerang mengenakan rompi peledak beberapa saat sebelum pria itu meledakkan dirinya.

Mohamud Moalim juga mengatakan beberapa temannya yang bersamanya di hotel tersebut tewas dan yang lainnya terluka.

"Semua orang panik dan sulit mengetahui apa yang terjadi karena penembakan dimulai segera setelah ledakan," kata saksi lainnya, Abdilatif Ali, kepada kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa orang-orang berusaha berlindung di tanah atau melarikan diri.

“Saya melihat banyak orang berserakan (di tanah) dan beberapa dari mereka meninggal dan yang lainnya terluka,” katanya.

Agensi berita negara SONNA sebelumnya melaporkan bahwa lima penyerang al Shabaab tewas oleh pasukan keamanan sementara seorang keenam meledakkan dirinya selama serangan tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas