Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar Militer Ungkap Cara Al Qassam Hamas Balas Kematian Haniyeh: Zalata Jadi Kuburan Tentara Israel

Pertempuran di Zalata, timur Rafah dekat Khan Yunis saat ini berstatus Zero Sum, Al Qassam mampu merontokkan banyak tentara Israel dan Ranpur-nya

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pakar Militer Ungkap Cara Al Qassam Hamas Balas Kematian Haniyeh: Zalata Jadi Kuburan Tentara Israel
khaberni
Pakar militer dan ahli strategi asal Yordania, Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi dalam analisisnya mengulas situasi pertempuran terkini di Jalur Gaza. Brigade Al-Qassam secara rutin melakukan serangan terhadap tentara Israel dalam perang atrisi. 

Pakar Militer Ungkap Cara Al Qassam Hamas Balas Kematian Haniyeh: Zalata Jadi Kuburan Tentara Israel

TRIBUNNEWS.COM - Pakar militer dan ahli strategi asal Yordania, Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi, mengatakan faksi milisi perlawanan Palestina, Minggu (4/8/2024), memberikan dua hadiah kepada rakyat Palestina.

Hadiah itu, kata dia, sebagai pembalasan atas pembunuhan kepala biro politik Gerakan Perlawanan Hamas di Teheran yang diduga kuat dilakukan Israel

Al-Duwairi menjelaskan, 'peresmian' pertama hadiah itu dilakukan pada Sabtu (3/8/2024), melalui serangan penembak jitu terhadap seorang tentara Israel dengan senapan Ghoul di dekat area Pemakaman Timur di kota Rafah.

Baca juga: Jebakan Terowongan Kembali Rontokkan IDF di Rafah, Senapan Runduk Ghoul Al Qassam Makan Korban Lagi

Dia menambahkan, “Kemarin, Minggu, respons (pembalasan) terhadap pembunuhan Haniyeh datang dengan Al Qassam menargetkan dua kendaraan Israel menggunakan rudal, Al-Yassin 105, di sebelah timur Rafah.” 

Dia menunjukkan, video yang diunggah Al-Qassam atas dua operasi penyerangan merupakan video terbaru yang diambil 24 jam atau 48 jam yang lalu.

Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi menjelaskan, daerah Zalata di timur Rafah, saat ini merupakan “lokasi operasi,” tentara pendudukan Israel.

BERITA TERKAIT

Dalam operasi di Zalata, Israel menggunakan cara-cara seperti yang mereka lalukan pada fase pertama perang yang mereka tetapkan sendiri.

Fase pertama Perang Gaza bagi Israel adalah dengan menempatkan banyak pasukan darat ke wilayah operasi.

Di Zalata, IDF disebutkan mengerahkan 4 divisi militer mereka.

Baca juga: Tentara Israel Tak Pernah Belajar, Meledak Kena Bom Al-Qassam Saat Sembunyi di Gedung di Khan Yunis

Orang-orang memeriksa kerusakan di tengah puing-puing bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 16 April 2024, saat pertempuran berlanjut antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (STR/AFP)
Orang-orang memeriksa kerusakan di tengah puing-puing bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 16 April 2024, saat pertempuran berlanjut antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (STR/AFP) (AFP/AFP)

Zero Sum Battle, Zalata 

Selain itu, Al-Duwairi juga menganalisis kalau pasukan Israel yang memasuki wilayah tersebut tidak mengumumkan penempatan dan posisinya.

"Sehingga kemungkinan terjadinya pertempuran zero-sum masih sangat besar," katanya dalam analisisnya mengenai situasi militer di Gaza.

Zero sum yang dimaksud pakar militer ini adalah sifat pertempuran "jika satu pihak menang, pihak lain kalah".

Dengan kata lain, melalui dua video yang diumumkan Brigade Al Qassam, kemampuan tempur milisi perlawanan Palestina masih mampu secara mumpuni mengimbangi faktor keunggulan tentara Israel dalam hal peralatan tempur dan jumlah personel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas