Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mesir: Kegagalan Israel di Gaza Bikin Tentara IDF Bohong Soal Terowongan di Perbatasan Rafah

Tentara Israel (IDF) berbohong karena tidak mencapai target apapun yang mereka tetapkan saat melancarkan agresi militer di Jalur Gaza. 

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mesir: Kegagalan Israel di Gaza Bikin Tentara IDF Bohong Soal Terowongan di Perbatasan Rafah
tangkap layar
Penyeberangan Rafah di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza. Israel mengambil alih kendali penyeberangan ini di sisi Palestina, manuver yang membuat pasukan Mesir bersiaga di sisi lainnya. 

Tokoh Penting Mesir: Kegagalan Israel di Gaza Bikin IDF Berbohong Soal Terowongan di Perbatasan Rafah 

TRIBUNNEWS.COM - Mesir sekali lagi membantah klaim Israel yang mengaku menemukan sejumlah terowongan 'besar' di sepanjang perbatasan Mesir dan Gaza di wilayah Rafah, Gaza Selatan.

Media Mesir, Egypt Today mengutip Extra News, Selasa (6/8/2024) melansir, bantahan itu dilontarkan narasumber anonim, tokoh penting di Mesir.

"Sumber penting di pemerintahan (Mesir) membantah keberadaan terowongan aktif antara Mesir dan Gaza," tulis laporan media tersebut.

Baca juga: Dikepung 7 Front, Israel Masih Cari Masalah Sama Mesir, Klaim Temukan Terowongan Besar di Perbatasan

Seperti diketahui, pada Senin, media Israel melansir pernyataan pihak Tentara Israel (IDF) tentang keberadaan terowongan aktif antara Mesir dan Gaza.

Menurut sumber tersebut, IDF berbohong karena tidak mencapai target apapun yang mereka tetapkan saat melancarkan agresi militer di Jalur Gaza

“Kegagalan Israel untuk membuat pencapaian apa pun di Gaza mendorongnya untuk menyebarkan klaim tentang keberadaan terowongan untuk membenarkan kelanjutan agresinya terhadap Jalur Gaza,” kata sumber tersebut menambahkan kepada Extra News.

BERITA REKOMENDASI

Sumber tersebut lebih lanjut mengungkapkan justru "Israel menutup mata terhadap perdagangan senjata dari wilayahnya ke Tepi Barat untuk menciptakan pembenaran untuk mencaplok wilayahnya dan melakukan genosida terhadap penduduknya."

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, jumlah korban tewas akibat agresi Israel terhadap Gaza telah meningkat menjadi 39.480 sejak 7 Oktober, selain 91.128 orang yang terluka.

Penyeberangan Rafah di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza
Penyeberangan Rafah di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza. Israel mengambil alih kendali penyeberangan ini di sisi Palestina, manuver yang membuat pasukan Mesir bersiaga di sisi lainnya.

IDF Tidak Mau Tarik Pasukan dari Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah

Berkenaan dengan itu, Perdana Menteri Pendudukan Israel Benjamin Netanyahu menyatakan dalam sebuah video yang diunggah di X kalau Israel tidak akan menarik pasukan mereka dari Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah

Dalam cuitannya, Netanyahu menyatakan kalau dia "siap melakukan segala cara untuk mengamankan pembebasan semua sandera sambil menjaga keamanan Israel."

Netanyahu menekankan komitmennya untuk terus memberikan tekanan pada Hamas agar membebaskan semua sandera.

Ia menambahkan, "Komitmen kami sepenuhnya bertentangan dengan kebocoran dan pengarahan palsu mengenai masalah pembebasan sandera."

Satu dari beberapa foto yang dirilis pasukan Israel soal klaim mereka atas ditemukannya terowongan besar di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza. Dalih ini digunakan IDF untuk bertahan dan tak mau menarik pasukannya dari akses koridor Philadelphia dan penyeberangan Rafah. Manuver Israel ini mengabaikan peringatan Mesir yang mewanti-wanti Tel Aviv kalau perang akan meluas.
Satu dari beberapa foto yang dirilis pasukan Israel soal klaim mereka atas ditemukannya terowongan besar di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza. Dalih ini digunakan IDF untuk bertahan dan tak mau menarik pasukannya dari akses koridor Philadelphia dan penyeberangan Rafah. Manuver Israel ini mengabaikan peringatan Mesir yang mewanti-wanti Tel Aviv kalau perang akan meluas. (khaberni)

"Pengarahan ini merusak negosiasi, menyesatkan keluarga sandera, dan menciptakan kesan palsu bahwa Hamas telah menyetujui kesepakatan tersebut sementara pemerintah Israel menentangnya," katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas