Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan AS kembali ke Kirkuk yang Kaya Minyak Meskipun Ada Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Irak

Pasukan Amerika Serikat kembali ke Kirkuk yang kaya minyak meskipun ada pembicaraan untuk menarik diri dari Irak.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pasukan AS kembali ke Kirkuk yang Kaya Minyak Meskipun Ada Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Irak
AP
Tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di Irak sebagai bagian dari koalisi yang dibentuk pada 2014 untuk melawan ISIS 

Pasukan AS kembali ke Kirkuk yang Kaya Minyak Meskipun Ada Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Irak

TRIBUNNEWS.COM- Pasukan Amerika Serikat kembali ke Kirkuk yang kaya minyak meskipun ada pembicaraan untuk menarik diri dari Irak.

AS mengklaim harus tetap berada di Irak untuk melawan ISIS.

Pasukan dari koalisi internasional pimpinan AS telah kembali ke pangkalan militer K-1 di kota Kirkuk, Irak yang kaya minyak untuk pertama kalinya sejak 2020, The New Arab (TNA) melaporkan pada 6 Agustus.

Sumber informasi Kurdi mengatakan kepada TNA, “Pasukan tersebut, yang terdiri dari sekitar 40 tentara dan 10 hingga 15 kendaraan Hummer lapis baja buatan AS, dikirim dari Erbil dan ditempatkan di pangkalan militer K-1.”

Koalisi pimpinan AS tidak menanggapi permintaan komentar.

Alasan pengerahan pasukan baru AS ke Kirkuk setelah empat tahun tidak jelas.

BERITA TERKAIT

Sumber itu menduga hal itu mungkin merupakan respons terhadap meningkatnya aktivitas ISIS di provinsi yang disengketakan itu, yang telah lama ingin dianeksasi oleh para pemimpin Partai Demokratik Kurdistan (KDP) ke Daerah Kurdistan Irak (IKR) yang semi-otonom.

Sumber lain, yang juga berbicara dengan syarat kerahasiaan, mengatakan kepada TNA bahwa ISIS baru-baru ini melanjutkan pemberontakannya di dan sekitar provinsi Diyala di Irak timur.

Angkatan bersenjata Irak telah meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan barat negara itu dengan Suriah menyusul pembebasan ratusan pejuang ISIS dari kamp penjara yang dikuasai Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS dan didominasi suku Kurdi.

Pada pertengahan Juli, otoritas dari Administrasi Otonom Suriah Utara dan Timur (AANES) yang dikendalikan SDF mengeluarkan amnesti umum yang sejauh ini telah mengamankan pembebasan lebih dari 1.500 pejuang ISIS Suriah yang dihukum karena pelanggaran terkait terorisme, asalkan mereka "tidak berpartisipasi langsung dalam pertempuran" melawan SDF.

Sumber informasi Irak yang berbicara dengan The Cradle menyatakan militer AS memerintahkan pembebasan tahanan ISIS.

SDF yang didukung AS menahan ribuan pejuang ISIS dan anggota keluarga mereka di sekitar dua lusin kamp penjara di wilayah timur laut Suriah yang diduduki. Mereka termasuk 2.000 warga negara asing yang negara asalnya menolak memulangkan mereka.

Pengerahan pasukan AS dan koalisi ke Kirkuk menyusul penandatanganan kesepakatan oleh pemerintah Irak pada 1 Agustus dengan raksasa minyak Inggris BP untuk mengembangkan ladang minyak dan gas di Kirkuk.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas