Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaga-jaga Gempa Besar Susulan Terjadi, PM Jepang Fumio Kishida Batalkan Kunjungan ke Luar Negeri

Sebagai kepala petugas manajemen krisis, Fumio Kishida memutuskan harus tinggal di Jepang setidaknya selama satu minggu kedepan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Jaga-jaga Gempa Besar Susulan Terjadi, PM Jepang Fumio Kishida Batalkan Kunjungan ke Luar Negeri
Mainichi
PM Jepang Fumio Kishida saat jumpa pers hari ini (9/8/2024) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Berjaga-jaga akan adanya kemungkinan gempa bumi besar susulan di Jepang setelah gempa besar kemarin (8/8/2024) di Miyazaki jam 16:43 waktu Jepang, PM Jepang Fumio Kishida membatalkan perjalanan ke luar negerinya.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkan, dirinya membatalkan kunjungannya ke Asia Tengah dan Mongolia, yang dijadwalkan berangkat pada hari Jumat ini.




"Hal ini menyusul pengumuman Badan Meteorologi Jepang tentang "Informasi Sementara Gempa Palung Nankai (Peringatan Gempa Besar Gempa Besar)," kata PM Kishida saat konferensi pers di Kota Nagasaki, Jepang, Jumat (9/8/2024) ini.

Sebagai kepala petugas manajemen krisis, ia  memutuskan harus tinggal di Jepang setidaknya selama satu minggu  ketika Badan Meteorologi Jepang menyerukan konfirmasi ulang kesiapsiagaan gempa, dan mengambil semua tindakan yang mungkin untuk menanggapi pemerintah dan menyebarkan informasi.

Baca juga: PM Jepang Fumio Kishida Memperkirakan Dana Darurat Bencana Noto Hanto Ishikawa Capai 1 Triliun Yen

"Apa yang harus saya persiapkan untuk pencegahan bencana? Gempa bumi dengan intensitas seismik maksimum kurang dari 6 terjadi dengan pusat gempa di Miyazaki dan Hyuga-nada pada tanggal 8 Agustus kemarin."

Menurut Badan Meteorologi Jepang, kemungkinan gempa bumi dengan magnitudo yang sama atau lebih tinggi meningkat beberapa kali lebih banyak daripada waktu normal selama sekitar seminggu ini di daerah di mana gempa palung Nankai diperkirakan.

BERITA TERKAIT

Perdana menteri dijadwalkan meninggalkan Nagasaki dengan pesawat pemerintah pada malam tanggal 9 Agustus dan mengunjungi tiga negara, Kazakhstan, Uzbekistan dan Mongolia, pada tanggal 12 Agustus 2024. Tetapi kini telah dibatalkannya.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas