Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Ibrani: 4 Ribu Orang Menyusup dari Yordania ke Israel Sejak Awal Tahun Ini

Ada fenomena infiltrasi ilegal yang berkembang pesat ke Israel melalui perbatasan Yordania di tengah situasi Perang Gaza yang kian intensif dan meluas

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Media Ibrani: 4 Ribu Orang Menyusup dari Yordania ke Israel Sejak Awal Tahun Ini
khaberni/HO
Perbatasan antara wilayah pendudukan Israel dan Yordania. 

Media Ibrani: 4 Ribu Orang Menyusup dari Yordania ke Israel

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar berbahasa Ibrani, Maariv, mengutip perkiraan pejabat keamanan Israel, melaporkan pada Jumat (9/8/2024) malam, bahwa 4.000 orang telah menyusup dari perbatasan Yordania ke Israel sejak awal tahun ini.

Laporan ini, yang dalam lansiran Jerusalem Post diulas dengan judul "Lonjakan infiltrasi ilegal dari perbatasan Yordania: 'Dari tetesan kecil menjadi banjir'", menjelaskan fenomena infiltrasi ilegal yang berkembang pesat ke Israel melalui perbatasan Yordania.

Baca juga: Qatar, Arab Saudi, Yordania Tolak Permintaan AS untuk Kirim Pasukan ke Gaza, Mesir-UEA Bersedia 

"Ada dan bahaya yang menyertainya," demikian peringatan Dr Yossi Barda dari Pengadilan Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel.

Pengadilan Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel, tempat Barda bekerja, adalah otoritas hukum yang bertanggung jawab untuk meninjau penahanan para penyusup dan penduduk ilegal dalam tahanan hingga mereka dideportasi dari Israel.

"Penduduk ilegal tersebut termasuk empat penyusup dari Turki yang memasuki Israel pada dua tanggal yang berbeda. Mereka baru tertangkap setelah periode yang panjang selama penegakan hukum imigrasi rutin," tulis laporan Jerusalem Post.

Lansiran itu menyatakan, "Keempatnya bersaksi bahwa mereka telah menghubungi jaringan penyelundupan di negara asal mereka. Lebih jauh, jaringan penyelundupan telah mengatur agar mereka menginap di sebuah hotel di Amman hingga diangkut ke perbatasan, di mana mereka memiliki pengemudi Israel yang menunggu mereka di sisi lain dan memindahkan mereka ke Beer Sheva atau Tel Aviv."

BERITA TERKAIT

Dua dari penyusup tersebut bersaksi bahwa mereka memasuki perbatasan dengan sekelompok lima orang India, yang belum tertangkap hingga hari ini, kata laporan tersebut.

Sepengetahuan Pusat Kebijakan Imigrasi Israel, ini adalah pertama kalinya warga negara India menyusup melalui perbatasan Yordania, bergabung dengan warga negara dari Ethiopia, Georgia, Moldova, Ghana, Sri Lanka, Kolombia, Eritrea, Kazakhstan, Turki, Yordania, dan Sudan.

Perbatasan antara wilayah pendudukan Israel dan Yordania
Perbatasan antara wilayah pendudukan Israel dan Yordania.

Bikin Was-was Negara Pendudukan

Pengadilan Israel telah berulang kali memperingatkan tentang peningkatan penyusupan ke negara pendudukan tersebut, terlebih dalam situasi perang dan ketegangan yang dihadapi Israel terkait berlarutnya Perang Gaza.

Kasus tambahan terjadi ketika dua penyusup Sudan ditangkap di perbatasan Yordania dan dibawa ke Pengadilan Israel pada bulan Juli.

Kedua penyusup tersebut mengatakan bahwa mereka tiba di Yordania untuk bekerja secara legal melalui penerbangan langsung dan memiliki paspor yang sah.

Namun, mereka memutuskan untuk menyusup ke Israel secara mandiri di dekat Laut Mati tanpa bantuan penyelundup.

Mereka kemudian ditangkap oleh tentara dan dipindahkan ke tahanan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas