Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Pesawat jatuh di Brasil tewaskan seluruh penumpang, termasuk sejumlah dokter - 'Mereka biasanya selamatkan nyawa orang tapi kini mereka kehilangan nyawa sendiri'

Maskapai penerbangan Voepass menyebut pesawat itu tak memiliki persoalan apapun sebelum lepas landas. Namun otoritas keselamatan penerbangan…

zoom-in Pesawat jatuh di Brasil tewaskan seluruh penumpang, termasuk sejumlah dokter - 'Mereka biasanya selamatkan nyawa orang tapi kini mereka kehilangan nyawa sendiri'
BBC Indonesia
Pesawat jatuh di Brasil tewaskan seluruh penumpang, termasuk sejumlah dokter - 'Mereka biasanya selamatkan nyawa orang tapi kini mereka kehilangan nyawa sendiri' 

Sebuah pesawat jenis ATR-72 milik maskapai penerbangan Voepass jatuh di sebuah permukiman di Vinhedo, sebuah kota kecil di Brasil yang berjarak 80 kilometer dari Sao Paulo, Jumat (09/08) siang waktu setempat.

Peristiwa itu diyakini sejumlah pihak menewaskan seluruh orang yang berada di dalam kabin, yakni 57 penumpang dan empat awak pesawat.

Sebagian dari para penumpang yang berada di pesawat itu adalah para dokter yang hendak menghadiri sebuah seminar, kata Gubernur Negara Bagian Parana, Ratinho Junior.

"Mereka adalah orang-orang yang biasanya menyelamatkan nyawa, tapi kini mereka kehilangan nyawa mereka sendiri dalam peristiwa yang tragis," kata Ratinho kepada pers, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Pesawat ini lepas landas dari Cascavel di Negara Bagian Parana, menuju Bandara Internasional Guarulhos di Sao Paulo.

Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan detik-detik ketika pesawat itu jatuh ke sebuah kondominium. Otoritas setempat menyebut rumah tersebut dalam keadaan kosong saat kecelakaan terjadi.

Investigasi penyebab kecelakaan masih dalam tahap awal. Kepala Pusat Investigasi dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan Brasil, Brigadir Marcelo Moreno, menyebut seluruh analisis tentang penyebab insiden itu "masih prematur".

BERITA TERKAIT

Marcelo berkata, kecelakaan itu "rumit" dan "fatal".

Dalam jumpa pers beberapa jam setelah insiden, CEO maskapai Voepass, Eduardo Busch, menyebut perusahaannya terpukul dan menyesalkan kematian yang muncul.

Eduardo membuat klaim, awak pesawat yang bertugas di pesawat itu berpengalaman dan sangat berkompeten.

Dia berkata, Voepass akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menemukan penyebab kecelakaan tersebut.

Pesawat tidak melaporkan keadaan darurat

Angkatan Udara Brasil, melalui Departemen Pengendalian Wilayah Udara, menyatakan pesawat itu menjalani penerbangan yang berlangsung normal hingga pukul 13.20.

Namun mulai pukul 13.21, pesawat itu tidak merespons panggilan dari pengendali lalu lintas udara di Sao Paulo. Pesawat itu juga disebut tidak menyatakan keadaan darurat atau melaporkan berada dalam kondisi cuaca buruk.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas