Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bagaimana Cara Yahya Sinwar Memimpin Hamas dari Bawah Tanah Saat Israel Kesetanan Memburunya?

Apakah Yahya Sinwar benar-benar memimpin gerakan Hamas dari bawah tanah, pada saat Israel mengejarnya ke mana-mana?

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bagaimana Cara Yahya Sinwar Memimpin Hamas dari Bawah Tanah Saat Israel Kesetanan Memburunya?
Photo credit: Ashraf Amra/Anadolu Agency
Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar bersama anggota gerakan militer pembebasan Palestina, menghadiri sebuah parade di Kota Gaza, 30 Mei 2021. 

Begini Cara Yahya Sinwar Memimpin Gerakan Hamas dari Bawah Tanah Saat Israel Kesetanan Memburunya

TRIBUNNEWS.COM -  Pilihan Gerakan Pembebasan Palestina, Hamas, terhadap Yahya Sinwar sebagai ketua umum gerakan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan tentang apakah dia benar-benar memimpin gerakan tersebut dari bawah tanah, pada saat Israel mengejarnya ke mana-mana?

Menjadi insinyur operasi penyerangan “Banjir Al-Aqsa” ke wilayah pendudukan Israel pada 7 Oktober 2023, Yahya Sinwar menjadi buruan nomor satu tentara Israel (IDF).

Berbagai cara dilakukan IDF untuk menangkap Sinwar baik hidup ataupun mati, mulai dari mengadakan sayembara hingga melakukan pemboman besar-besar ke sebuah wilayah yang diduga ada Sinwar berada meski info intelijen belum pasti dan mengakibatkan banyak korban warga sipil Palestina di Gaza.

Baca juga: Israel Kecolongan, Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Periksa Pasukan dan Jalan-Jalan di Jalur Gaza

Sumber dari dalam Hamas mengatakan kalau hanya orang-orang terpercaya yang mengetahui lokasinya.

Orang-orang khususnya ini menjadi perantara jalinan hubungan antara Sinwar dan seluruh pemimpin simpul organisasi tersebut bila diperlukan.

Sumber senior Hamas mengungkapkan kalau setelah menciptakan situasi keamanan tertentu, Yahya Sinwar dapat melakukan percakapan telepon dan menambahkan bahwa hal ini “membutuhkan waktu yang lama.”

BERITA TERKAIT

Sumber tersebut mengatakan,

“Al-Sinwar hadir di banyak stasiun, mengirimkan instruksi setiap dua minggu sekali dan terkadang sebulan sekali kepada petugas pergerakan,” kata sumber tersebut dilansir Khaberni, Selasa (13/8/2024).

Sumber menambahkan bahwa instruksi tersebut disampaikan dengan tulisan tangan dan terkadang dicetak dan diberi tanda tangannya.

"Namun tidak ada yang tahu caranya instruksi itu disampaikan. Sumber tersebut meyakini kalau Yahya Sinwar mengandalkan transfer manual dengan sangat rahasia dari satu orang ke orang lain," tulis laporan Khaberni.

IDF Klaim Hampir Tangkap Yahya Sinwar

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku hampir menangkap Kepala Biro Politik Hamas Yahya Sinwar di sebuah terowongan di Jalur Gaza.

Menurut IDF, andai saja mereka tidak terlambat “beberapa menit”, Yahya Sinwar bisa ditangkap.

“Kami sudah dekat. Kami berada di kompleksnya. Kami memasuki kompleks bawah tanah. Kompleksnya ‘panas,’” ujar Komandan Divisi Ke-98 IDF Brigjen Goldfus pada hari Minggu, (11/8/2024), dikutip dari The Times of Israel.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas