Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Sebenarnya Iran Tak Segera Membalas Israel

Pakar universitas di Israel mengatakan alasan sebenarnya Iran tak segera membalas serangan Israel

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Alasan Sebenarnya Iran Tak Segera Membalas Israel
Kredit Foto: Majid Asgaripour/WANA (Kantor Berita Asia Barat) via REUTERS/Tangkap Layar
Sebuah rudal Iran terlihat saat upacara parade Hari Tentara Nasional di Teheran, Iran. Pakar universitas di Israel mengatakan alasan sebenarnya Iran tak segera membalas serangan Israel 

TRIBUNNEWS.COM - Iran telah membuat dunia gelisah sejak berjanji menyerang Israel, lebih dari dua pekan lalu.

Ancaman Iran tersebut ditengarai para pakar militer bisa menjerumuskan kawasan Timur Tengah dalam ketegangan perang habis-habisan.

Serangan yang dijanjikan oleh Republik Islam Iran dimaksudkan sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli.

Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan setelah pembunuhan tersebut, Iran "berkewajiban" untuk membalas dendam atas meninggalnya "tamunya" itu.

Serangan Iran sudah "dekat" selama dua minggu terakhir, dan antisipasi ini telah menyebabkan seringnya terjadi histeria di media sosial yang memprediksi serangan oleh Iran dan sekutunya, termasuk kelompok militan Lebanon Hizballah.

"Saya pikir mereka benar-benar menikmatinya: menyaksikan Israel terjebak dalam masa penantian ini, membayar harga ekonomi dan psikologis yang mahal," kata Raz Zimmt, peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv, dikutip dari oilprice.

Namun, dampak dari antisipasi tersebut merupakan pedang bermata dua yang juga merugikan Iran dan sekutunya.

BERITA TERKAIT

"Dampak negatif terhadap Israel, baik itu tekanan di dalam negeri, mobilisasi militer, dan bahkan konsekuensi ekonomi, tidak akan terbatas pada Israel saja, tetapi juga akan memengaruhi Iran dan Lebanon," demikian peringatan Michael Horowitz, kepala intelijen di konsultan Le Beck International yang berpusat di Bahrain.

Mengapa Menunggu?

Para analis mengatakan gagasan Iran menunda pembalasannya karena menikmati dampak psikologis yang ditimbulkannya lebih merupakan alasan daripada strategi yang tepat.

Mereka sepakat perdebatan dalam negeri yang intens, kompleksitas koordinasi dengan proksi, dan penilaian risiko yang terkait dengan serangan, semuanya telah berkontribusi terhadap keraguan Iran.

Zimmt mengatakan Iran "menghadapi dilema besar" karena sementara Khamenei dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang kuat ingin memulihkan pencegahan Iran terhadap Israel, ada elemen-elemen di Iran yang khawatir serangan skala besar dapat menyeret Iran ke dalam perang dengan Israel dan bahkan mungkin Amerika Serikat.

Baca juga: Israel Mengaku Hancurkan Lebih dari 50 Terowongan di Koridor Philadelphi, Unggah Videonya di X

Sekalipun keputusan tentang cara menanggapi pembunuhan Haniyeh telah dibuat, koordinasi dengan Hizballah dan anggota lain dari apa yang disebut poros perlawanan -- jaringan negara-negara regional dan sekutu non-negara serta proksi Teheran -- merupakan proses yang memakan waktu.

Faktor lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan Iran adalah Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu lebih dari yang dilakukannya pada April, menjelang serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

"Kami melihat respons yang lebih besar [dari Amerika Serikat] daripada pada bulan April, yang mungkin dimaksudkan untuk menyamai cakupan ancaman, karena Iran mungkin akan melakukan respons yang lebih besar daripada yang dilakukan pada bulan April," kata Horowitz.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas