Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Iran ke Israel Kelamaan, Operasi Intelijen di Tel Aviv Bakal Setara yang Terjadi di Teheran

Iran akan menggunakan cara senyap ala operasi intelijen di Tel Aviv, persis seperti Israel beraksi di Teheran yang berujung pada terbunuhnya Haniyeh.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Iran ke Israel Kelamaan, Operasi Intelijen di Tel Aviv Bakal Setara yang Terjadi di Teheran
Vahidreza ALAEI / AFP
Sebuah gambar yang diambil pada tanggal 20 Agustus 2010 menunjukkan bendera Iran berkibar di lokasi yang dirahasiakan di republik Islam tersebut di samping rudal permukaan-ke-permukaan Qiam-1 (Rising) yang diuji tembak sehari sebelum Iran dijadwalkan meluncurkan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama buatan Rusia. Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi mengatakan rudal tersebut sepenuhnya dirancang dan dibuat di dalam negeri dan ditenagai oleh bahan bakar cair. 

Kenapa Serangan Pembalasan Iran ke Israel Kelamaan? Operasi Intelijen di Tel Aviv Butuh Waktu Perencanaan

 
TRIBUNNEWS.COM  - Situs web Amerika Serikat (AS) "Oil Price" mencoba menjawab pertanyaan yang saat ini ditanyakan tentang lambatnya pembalasan dan respons yang digembar-gemborkan Iran atas pembunuhan pemimpin Palestina Ismail Haniyeh oleh Israel.

Situs web tersebut mencantumkan sejumlah ancaman awal pembalasan Iran terhadap Israel, termasuk ancaman dari Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei.

"Digaungkan, kalau serangan Iran atau Hizbullah segera terjadi dalam dua minggu terakhir, dan prediksi ini telah menyebabkan histeria berulang kali di media sosial," tulis lansiran Khaberni mengutip laporan media AS tersebut, Sabtu (17/8/2024).

Baca juga: Sibuk Bersiap Hadapi Serangan Pembalasan Iran-Hizbullah, Ekonomi Israel Kacau-balau

Para analis mengatakan, gagasan kalau Iran menunda balas dendam karena mengharapkan dampak psikologis yang ditimbulkannya lebih merupakan alasan pembenaran ketimbang strategi yang tepat.

"Laporan Oil Price mengatakan, ada konsensus di antara para analis kalau diskusi internal yang intens, kompleksitas koordinasi dengan proksi, dan penilaian risiko yang terkait dengan serangan itu semuanya berkontribusi pada keraguan Iran," tulis Khaberni soal kenapa balas dendam Iran ke Israel kelamaan.

Dilema Besar

Raz Zimet, seorang peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv, dikutip laporan tersebut, mengatakan kalau Iran “menghadapi dilema besar”.

BERITA TERKAIT

"Meski Khamenei dan Garda Revolusi Iran ingin memulihkan deterrence (tindak pencegahan atas ancaman) terhadap Israel, ada elemen di Iran yang khawatir serangan skala besar akan menyeret Teheran ke dalam perang dengan Israel, dan mungkin bahkan dengan Amerika Serikat," kata laporan tersebut.

Zimet menambahkan, bahkan jika keputusan dibuat mengenai bagaimana Iran akan merespons dan membalas, koordinasi dengan Hizbullah dan anggota poros perlawanan lainnya adalah proses yang memakan waktu.

Faktor lain yang mungkin mempengaruhi proses pengambilan keputusan Iran adalah bahwa Amerika Serikat memperkuat kehadiran militernya di wilayah tersebut lebih besar dibandingkan pada bulan April lalu sebelum serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran terhadap Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Momen Langka, AS Umumkan Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah, Iran Segera Gempur Israel?

Carrier Strike Group (Kapal Induk) USS Abraham Lincoln berangkat menuju ke Timur Tengah. Amerika Serikat (AS) memenuhi janjinya untuk membantu Israel dalam menghadapi Iran dan proksi milisinya yang bersiap membalas kematian pemimpin Hamas dan Hizbullah yang dibunuh Tel Aviv.
Carrier Strike Group (Kapal Induk) USS Abraham Lincoln berangkat menuju ke Timur Tengah. Amerika Serikat (AS) memenuhi janjinya untuk membantu Israel dalam menghadapi Iran dan proksi milisinya yang bersiap membalas kematian pemimpin Hamas dan Hizbullah yang dibunuh Tel Aviv. (khaberni/HO)

Respons AS yang Lebih Kuat

Michael Horowitz, kepala departemen intelijen di Le Bec International Consulting, yang berbasis di Bahrain, mengatakan kalau kawasan Timur Tengah kemungkinan akan menyaksikan tanggapan yang lebih besar dari Amerika dibandingkan apa yang terjadi pada bulan April.

"Dan AS mungkin akan memberikan tanggapan yang sama besarnya sebagai respons atas ancaman Iran menggertak akan menyerang dengan kekuatan lebih besar daripada serangan pada bulan April. Respons besar AS ini, terutama sejak Amerika mengirim aset-aset ofensif ke wilayah tersebut selain aset-aset pertahanannya, yang merupakan pesan pencegahan," katanya.

Situs web tersebut menyatakan, Iran menolak seruan negara-negara Barat untuk menahan diri, dan bersikeras bahwa Iran memiliki hak yang sah untuk membalas pembunuhan Haniyeh Israel di tanah Iran.

Namun, banyaknya panggilan telepon yang dilakukan Presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian dan penjabat Menteri Luar Negeri Ali Bagheri Kani menimbulkan spekulasi kalau upaya diplomasi telah membantu menunda serangan balasan Iran tersebut dan sebenarnya bisa mencegahnya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas