Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khalil Al-Maqdah, Pemimpin Fatah di Kota Saida Tewas dalam Serangan Drone Israel di Lebanon

Serangan udara Israel menewaskan pemimpin Fatah di Saida, Lebanon. Pembunuhan ini terjadi beberapa jam setelah serangan roket besar-besaran Hizbullah

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Khalil Al-Maqdah, Pemimpin Fatah di Kota Saida Tewas dalam Serangan Drone Israel di Lebanon
tangkapan layar X
Khalil al-Maqdah, anggota partai Fatah Palestina dan sayap militernya, Brigade Martir Al-Aqsa, tewas pada 21 Agustus dalam serangan pesawat tak berawak Israel di kota Saida di selatan Lebanon. 

Khalil al-Maqdah, Pemimpin Fatah di Kota Saida Tewas dalam Serangan Drone Israel di Lebanon

TRIBUNNEWS.COM- Serangan udara Israel menewaskan pemimpin Fatah di Saida, Lebanon.

Pembunuhan ini terjadi beberapa jam setelah serangan roket besar-besaran Hizbullah menargetkan Dataran Tinggi Golan yang diduduki sebagai respons terhadap serangan Israel di wilayah Bekaa.

Khalil al-Maqdah, anggota partai Fatah Palestina dan sayap militernya, Brigade Martir Al-Aqsa, tewas pada 21 Agustus dalam serangan pesawat tak berawak Israel di kota Saida di selatan Lebanon.

"Sebuah pesawat nirawak Israel menargetkan sebuah kendaraan roda empat di daerah Villas, Saida, dekat Masjid Imam Ali. Seketika, ambulans, pasukan pertahanan sipil, dan pasukan keamanan bergegas ke tempat kejadian, dan gumpalan asap terlihat menutupi langit di daerah tersebut," kata Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA).

“Targetnya adalah Khalil al-Maqdah … [dia] adalah seorang brigadir jenderal dalam gerakan Fatah dan bekerja di sayap militer,” kata saudaranya, komandan Brigade Syuhada Al-Aqsa Munir al-Maqdah, kepada Al Mayadeen pada hari Rabu.

“Pembunuhan membuat kita lebih kuat, kemartiran ini adalah lambang kehormatan, dan perlawanan masih kuat di lapangan,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

“Sebuah pesawat IAF menyerang teroris Khalil Hussein Khalil al-Maqdah di wilayah Sidon di Lebanon selatan … Khalil adalah saudara Mounir Al-Maqdah, seorang penduduk Lebanon yang beroperasi atas nama organisasi teroris Hizbullah,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

“Pada bulan Maret 2024, terungkap bahwa senjata telah diselundupkan ke Yudea dan Samaria dan didistribusikan ke sel-sel teroris yang direkrut dan diarahkan oleh infrastruktur teroris Khalil dan Mounir di Lebanon,” tambahnya.

Brigade Syuhada Al-Aqsa adalah salah satu faksi yang memerangi pasukan Israel di Jalur Gaza dan juga bagian terkemuka dari perlawanan di Tepi Barat yang diduduki.

Pembunuhan di Saida bertepatan dengan eskalasi signifikan antara Israel dan Hizbullah.

Hizbullah "mengebom pangkalan logistik Tsnobar di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki pada hari Rabu, 21-8-2024, dengan rentetan roket Katyusha," kata kelompok perlawanan Lebanon itu dalam sebuah pernyataan. Operasi itu merupakan respons terhadap serangan Israel di Lebanon timur pada Selasa malam.

Seorang warga Israel terluka, dan beberapa rumah mengalami kerusakan parah atau terbakar.

Drone peledak Hizbullah juga menargetkan markas besar tentara Israel dan lokasi lain di Galilea pada hari Rabu.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas