Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Israel di Khan Yunis dan Rafah, Tank Israel Tewaskan 4 Petani, Menembaki Tanpa Peringatan

Perintah evakuasi baru melanda Deir al-Balah saat PBB mengatakan pengungsian 'menghambat pengiriman bantuan ke Gaza'.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Serangan Israel di Khan Yunis dan Rafah, Tank Israel Tewaskan 4 Petani, Menembaki Tanpa Peringatan
afp/anadolu
Tank Pasukan Israel bermanuver dalam agresi militer di Gaza. Setelah hampir 300 hari berperang di Gaza, IDF mengakui kalau mereka kehilangan banyak tank dan mengalami krisis personel militer dan amunisi yang berada di level kritis. 

Serangan Israel di Khan Yunis dan Rafah, Tank Israel Tewaskan 4 Petani, Tembaki Tanpa Peringatan

TRIBUNNEWS.COM- Perintah evakuasi baru melanda Deir al-Balah saat PBB mengatakan pengungsian 'menghambat pengiriman bantuan ke Gaza'.

Keluarga-keluarga Palestina semakin menolak mematuhi perintah evakuasi karena Israel terus membombardir tempat-tempat penampungan warga sipil tanpa ampun




Tentara Israel pada tanggal 21 Agustus mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi di kota Deir al-Balah, Gaza tengah, sekali lagi meninggalkan keluarga tanpa tempat tujuan karena tentara penjajah Israel terus memperluas perang genosidanya.

“Kepada seluruh penduduk dan pengungsi di Blok 129, 130 di lingkungan Al-Mahta dan Deir al-Balah di selatan, dari Jalan Salah al-Din hingga jalan yang ditandai di peta. IDF akan bertindak tegas terhadap organisasi Hamas di area tersebut. Demi keselamatan Anda, kami mendesak Anda untuk segera mengungsi ke barat. Area tempat Anda berada dianggap sebagai zona pertempuran yang berbahaya,” kata juru bicara tentara Israel berbahasa Arab, Avichay Adraee, melalui media sosial.

“Sejak dini hari tadi, kami mendengar ledakan keras di Gaza bagian tengah, khususnya Deir al-Balah, tempat ratusan ribu warga Palestina mencari perlindungan. Saat ini, tentara beroperasi hanya beberapa kilometer dari tempat kami berada. Ledakan telah menghantam rumah-rumah dan infrastruktur sipil di bagian timur kota,” lapor Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera pada Rabu pagi dari Deir al-Balah.

Abu Azzoum juga mengonfirmasi bahwa serangan Israel masih berlangsung di kota Khan Yunis dan Rafah di selatan, di mana tank Israel menewaskan empat petani Palestina dan menembaki mereka “tanpa peringatan.”

BERITA TERKAIT

Lebih dari 50 warga Palestina telah terbunuh di seluruh Gaza selama 24 jam terakhir, termasuk hampir dua lusin yang dibantai dalam serangan Israel di pasar yang ramai dan sebuah sekolah yang menampung para pengungsi di Deir al-Balah.

Tel Aviv mengklaim serangan tersebut mengenai “pusat komando” yang digunakan oleh pejuang Palestina di sekolah tersebut tanpa memberikan bukti apa pun.

Perintah evakuasi hari Rabu untuk Deir al-Balah dikeluarkan beberapa jam setelah Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menuduh Israel membuat " hampir mustahil" pengiriman bantuan ke warga Palestina yang putus asa dengan terus-menerus mengungsikan para korban.

OCHA mengatakan pada hari Selasa bahwa perintah evakuasi yang dikeluarkan pada hari Sabtu untuk sebagian Deir al-Balah termasuk bagian dari Jalan Salah ad Din, jalur penting bagi misi kemanusiaan.

"Hal ini membuat hampir mustahil bagi para pekerja bantuan untuk bergerak di sepanjang rute utama ini," kata kantor tersebut.

"Jalan Pantai bukanlah alternatif yang layak. Pantai-pantai di sepanjang rute ini kini dipenuhi dengan tempat penampungan sementara bagi warga Palestina yang mengungsi."

Lebih jauh lagi, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Mounir al-Barash, mengumumkan pada hari Selasa bahwa tentara Israel “dengan sengaja menghalangi masuknya konvoi kemanusiaan PBB yang membawa pasokan medis penting dan bahan bakar” ke Gaza.

Menurut data PBB, sembilan dari 10 orang yang tinggal di Gaza telah mengungsi secara paksa sejak 7 Oktober, banyak dari mereka beberapa kali.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas