Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Kembali Provokasi China, Kirim Kapal Perusak Berlayar di Selat Taiwan, Apa Maksudnya?

Militer AS mengirimkan sebuah kapal perang berlayar melintasi jalur perairan sensitif yang memisahkan Taiwan dengan China pada Kamis 22 Agustus 2024.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in AS Kembali Provokasi China, Kirim Kapal Perusak Berlayar di Selat Taiwan, Apa Maksudnya?
The Standard
Militer Amerika Serikat kembali membuat provokasi dengan China di sekitar perairan Laut China Selatan dengan mengirimkan sebuah kapal perusak USS Ralph Johnson berlayar melintasi jalur perairan sensitif yang memisahkan Taiwan dengan China, Kamis 22 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEIMiliter Amerika Serikat kembali membuat provokasi dengan China di sekitar perairan Laut China Selatan dengan mengirimkan sebuah kapal perangnya berlayar melintasi jalur perairan sensitif yang memisahkan Taiwan dengan China pada Kamis 22 Agustus 2024.

Angkatan Laut AS menyatakan, pelayaran kapal perangnya ini sebagai cara untuk menunjukkan "komitmen Washington untuk menjunjung kebebasan navigasi".

China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, dan dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan tekanan militer dengan mengirimkan semakin banyak jet tempur, drone, dan kapal angkatan laut di sekitar pulau tersebut.

Transit Selat Taiwan sepanjang 180 km pada hari Kamis terjadi ketika Amerika Serikat dan sekutunya meningkatkan penyeberangan untuk memperkuat statusnya sebagai jalur perairan internasional, yang membuat marah Beijing.

Pelayaran kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Ralph Johnson menunjukkan “komitmen Washington untuk menegakkan kebebasan navigasi bagi semua negara sebagai sebuah prinsip”, kata Armada Ketujuh Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

“Tidak ada anggota komunitas internasional yang boleh diintimidasi atau dipaksa menyerahkan hak dan kebebasan mereka.”

Kementerian pertahanan Taiwan mengonfirmasi bahwa kapal perang tersebut berlayar dari selatan ke utara, dan "tidak ada anomali yang terdeteksi di sekitar kita".

BERITA TERKAIT

Tentara Pembebasan Rakyat Beijing menganggap transit tersebut sebagai "kehebohan publik" dan mengatakan bahwa Komando Teater Timurnya "mengorganisir angkatan laut dan udara untuk membuntuti dan berjaga-jaga terhadap jalur kapal AS selama seluruh proses".

Militer China “terus-menerus dalam siaga tinggi untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan nasional,” katanya dalam sebuah pernyataan. Fregat kelas Halifax Kanada bulan lalu melakukan "transit rutin melalui Selat Taiwan", sebuah tindakan yang dikutuk oleh militer China.

Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Ralph Johnson
Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Ralph Johnson (DDG-114) ditarik bersama kapal tanker pengisian ulang kelas Henry J. Kaiser USNS Guadalupe (T-AO-200) dalam persiapan untuk pengisian ulang bahan bakar di laut di Selatan Laut Cina pada 10 Februari 2022.

Beijing mengatakan pihaknya tidak akan pernah berhenti menggunakan kekuatan untuk membawa Taiwan ke bawah kendalinya, dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping dalam beberapa tahun terakhir meningkatkan retorika “unifikasi” sebagai hal yang “tidak bisa dihindari”.

Baca juga: Sembilan Pesawat China Melintasi Garis Tengah Sensitif Selat Taiwan, Gelar Latihan Perang

Sebagai tanggapannya, Taiwan telah memperkuat hubungan ekonomi dan politik dengan mitra-mitranya – terutama Amerika Serikat, penyedia senjata terbesarnya – sekaligus meningkatkan anggaran pertahanannya.

Hari Kamis kemarin, kabinet pemerintah Taiwan menyetujui anggaran pertahanan yang mencapai rekor tertinggi sebesar NT$647 miliar (US$20,2 miliar) untuk tahun depan, meningkat 6 persen dibandingkan tahun 2024.

Baca juga: China Makin Mengancam, Indonesia dan ASEAN Perlu Tentukan Sikap Atas Ketegangan di Selat Taiwan

Presiden Lai Ching-te mengatakan bulan ini bahwa anggaran tersebut mencerminkan “tekad Taiwan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan diri kami … untuk menjamin perdamaian dan kemakmuran”.

Jumlah tersebut masih perlu diteliti dan disetujui oleh parlemen Taiwan yang terpecah-pecah, di mana Partai Progresif Demokratik Lai tidak lagi memegang mayoritas.

Petinggi Taiwan Gelar Pertemuan Rahasia di AS

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas