Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Qassam Hancurkan 4 Tank Merkava dan Ledakkan IDF di Terowongan, Quds Serang Markas IDF di Netzarim

Serangan Al Qassam yang menghancurkan tank-tank IDF itu terjadi di dekat persimpangan Abu Al-Daqqa di lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat Rafah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Qassam Hancurkan 4 Tank Merkava dan Ledakkan IDF di Terowongan, Quds Serang Markas IDF di Netzarim
khaberni/HO
Barisan tank Merkava Israel tampak hangus hasil pertempuran sengit di Jalur Gaza melawan milisi pembebasan Palestina, Hamas Cs. Di Jabalia, Gaza Utara, Israel juga dilaporkan mengalami kerugian personel dan peralatan tempur yang signifikan dalam sepekan terakhir, termasuk Kamis (16/5/2024). 

Al Qassam Hancurkan 4 Tank Merkava dan Ledakkan Tentara Israel di Terowongan, Al-Quds Serang Markas IDF di Netzarim

TRIBUNNEWS.COM - Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Hamas, pada Jumat (23/8/2024) pagi mengumumkan, kalau mereka menghancurkan 4 tank Merkava milik tentara pendudukan Israel (IDF) setelah menargetkan mereka dengan roket “Al-Yassin 105” dan sebuah peledak tandem.

Serangan yang menghancurkan tank-tank IDF itu dilaporkan terjadi di dekat persimpangan Abu Al-Daqqa di lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat kota Rafah, selatan Jalur Gaza.

Baca juga: Terowongan Palsu Buatan Tentara Israel Diledakkan Al Qassam, IDF Putus Asa Hadapi Taktik Perlawanan

Serangan pada Jumat ini merupakan lanjutan dari serangan gerilya pada Kamis di mana Al Qassam menyatakan kalau mereka telah melakukan operasi pengeboman terhadap personel IDF di sebuah terowongan jebakan.

"Brigade Martir Izz al-Din al-Qassam mengatakan kalau para petempurnya meledakkan sebuah terowongan yang sebelumnya dijadikan jebakan oleh pasukan Zionis di daerah Abla, sebelah barat Kota Hamad, sebelah utara kota Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza,” tulis laporan Khaberni, mengutip pernyataan Qassam.

Al-Qassam menjelaskan, sebelumnya petempurnya juga menargetkan dua tank Merkava Israel dengan dua peluru Al-Yassin 105 di wilayah tersebut.

Baca juga: Al Qassam Hajar 2 Tank Merkava di Rafah, IDF Mandi Mortir di Zaytoun, Adu Kuat Strategi di Netzarim

KORIDOR NETZARIM- Israel membangun ‘sabuk militer’. Mereka sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang secara efektif akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara.  Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”.
KORIDOR NETZARIM- Israel membangun ‘sabuk militer’. Mereka sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang secara efektif akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara. Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”. (Tangkapan layar Twitter)

Markas IDF di Poros Netzarim Dibom

Sementara itu, Brigade Al-Quds, sayap militer gerakan Palestine Islamic Jihad (PIJ) mengumumkan kalau para petempur mereka membom dengan mortir kaliber berat sebuah markas besar komando pasukan pendudukan Israel di “poros Netzarim.”

BERITA REKOMENDASI

Adapun pihak Tentara pendudukan Israel mengumumkan terbunuhnya seorang tentara Israel dalam pertempuran di Jalur Gaza selatan.

Tentara IDF mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan, “Sersan Uri Ashkenazi Nekhemia, 19 tahun, tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza selatan.”

Menurut angka resmi pihak Israel, jumlah korban tewas tentara pendudukan telah meningkat menjadi 695 perwira dan tentara sejak dimulainya perang di Jalur Gaza pada 7 Oktober.

Di antara jumlah tersebut, 331 tentara Israel tewas dalam pertempuran darat di Gaza, yang dimulai pada tanggal 27 bulan yang sama.

Jumlah tentara IDF yang terluka mencapai 4.349, termasuk 2.229 dalam pertempuran darat, menurut data militer.

Sebagai catatan, klaim data militer Israel ini diragukan bahkan oleh warga Israel sendiri karena dinilai menyembunyikan jumlah korban tewas dan luka yang diperkirakan lebih besar dari yang diumumkan.

Baca juga: Jenderal Purn IDF: Israel Bisa Runtuh dalam Setahun Akibat Perang Atrisi Lawan Hamas-Hizbullah

Pasukan Israel (IDF) dari divisi cadangan infanteri menyerbu ke sebuah pemukiman warga Palestina di Jalur Gaza dalam agresi militer yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 silam.
Pasukan Israel (IDF) dari divisi cadangan infanteri menyerbu ke sebuah pemukiman warga Palestina di Jalur Gaza dalam agresi militer yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 silam. (rntv/tangkap layar)

Harga Mahal Invasi Israel di Jalur Gaza

Pada lebih dari satu kesempatan, para pejabat Israel mengatakan kalau tentara IDF terlibat dalam pertempuran sengit dengan pejuang faksi Palestina di Gaza, dan harus membayar mahal, sementara Brigade Al-Qassam – sayap militer gerakan Hamas – hampir setiap hari mengumumkan pembunuhan tersebut. dan melukai tentara Israel dalam operasi tertentu di Jalur Gaza.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas