Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jebakan Canggih Al Qassam di Al-Zaytoun, Kombinasi Kamera dan Bom di Tembok Tewaskan Tentara Israel

Brigade Al-Qassam mampu menewaskan tentara IDF di Al-Zaytoun dalam sebuah skenario penjebakan yang terbilang canggih.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jebakan Canggih Al Qassam di Al-Zaytoun, Kombinasi Kamera dan Bom di Tembok Tewaskan Tentara Israel
khaberni/HO
Seorang petempur Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, menembakkan roket anti-tank ke arah pasukan Israel. Pada Minggu (12/5/2024) terjadi tiga pertempuran sengit di tiga front Jalur Gaza yaitu, Jabalia dan Zaytoun, Gaza Utara, serta Rafah, Gaza Selatan. IDF mengakui ada 50 pasukannya yang terluka dalam satu hari pertempuran tersebut. 

Jebakan Canggih Ala Al-Qassam di Al-Zaytoun, Kombinasi Kamera dan Bom di Tembok Tewaskan Tentara Israel

TRIBUNNEWS.COM - Lingkungan Al-Zaytoun di Kota Gaza, kembali menjadi lokasi mematikan bagi pasukan Israel (IDF) yang melakukan agresi ke wilayah kantung Palestina tersebut.

Dalam sebuah sergapan terbaru di wilayah tersebut, Sabtu (24/8/2024), Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas, mengklaim mampu menewaskan tentara IDF dalam sebuah skenario penjebakan yang terbilang canggih.

Jebakan itu melibatkan penggunaan kamera dan alat peledak yang ditanam di tembok sehingga sulit terdeteksi oleh pasukan IDF.

Baca juga: Qassam Hancurkan 4 Tank Merkava dan Ledakkan IDF di Terowongan, Quds Serang Markas IDF di Netzarim

Bom diledakkan Al-Qassam dari jarak tertentu setelah memantau pergerakan pasukan IDF.

Radio Tentara Israel melaporkan kalau insiden itu terjadi saat pasukan tentara cadangan IDF sedang menggeledah gedung-gedung di lingkungan Al-Zaytoun di Jalur Gaza.

Pasukan IDF tersebut akhirnya tiba di sebuah gedung yang ternyata berisi jebakan tadi.

BERITA TERKAIT

"Peledakan jebakan ini menyebabkan kematian seorang tentara IDF dan cedera 12 orang lainnya, 4 di antaranya dalam kondisi kritis," tulis laporan Khaberni, mengutip pemberitaan media Israel, Sabtu.

Adapun pernyataan dari Pasukan IDF mengonfirmasi kalau seorang tentaranya tewas karena sergapan Brigade Al-Qassam tersebut.

Baca juga: Tentara Israel Tak Pernah Belajar, Meledak Kena Bom Al-Qassam Saat Sembunyi di Gedung di Khan Yunis

Pasukan Israel (IDF) melakukan operasi militer di Jabalia, Gaza Utara, 14 Mei 2024. Operasi IDF di Jabalia mendapat perlawanan sengit Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas.
Pasukan Israel (IDF) melakukan operasi militer di Jabalia, Gaza Utara, 14 Mei 2024. Operasi IDF di Jabalia mendapat perlawanan sengit Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas. (Emanuel Fabian/Times of Israel)

"Seorang tentara Israel tewas dan beberapa lainnya terluka oleh alat peledak selama operasi militer di Kota Gaza pagi ini," kata pernyataan IDF.

Tentara IDF yang tewas tersebut diidentifikasi sebagai Sersan Kelas Satu (cadangan) Evyatar Atuar, 24 tahun, dari Batalyon 6310 Brigade Yerusalem.

"Para tentara mencapai sebuah gedung dan mulai menggeledahnya. Saat empat tentara dari pasukan tersebut memasuki gedung tersebut, sebuah alat peledak yang ditanam di dinding luar gedung meledak," menurut penyelidikan IDF yang dikutip oleh The Times of Israel.

Setidaknya empat tentara lainnya terluka parah, dan tiga lainnya terluka sedang.

Petempur Hamas memasang kamera di gedung tersebut dan kemudian meledakkan alat peledak tersebut saat para tentara memasuki gedung tersebut – menurut pejabat IDF.

Barisan tank Merkava Israel tampak hangus hasil pertempuran sengit di Jalur Gaza melawan milisi pembebasan Palestina, Hamas Cs. Di Jabalia, Gaza Utara, Israel juga dilaporkan mengalami kerugian personel dan peralatan tempur yang signifikan dalam sepekan terakhir, termasuk Kamis (16/5/2024).
Barisan tank Merkava Israel tampak hangus hasil pertempuran sengit di Jalur Gaza melawan milisi pembebasan Palestina, Hamas Cs. Di Jabalia, Gaza Utara, Israel juga dilaporkan mengalami kerugian personel dan peralatan tempur yang signifikan dalam sepekan terakhir, termasuk Kamis (16/5/2024). (khaberni/HO)

Kuburan Tank Merkava

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas