Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dewan Keamanan Perpanjang Mandat PBB untuk Mengerahkan Pasukan Sementara di Lebanon Selama 1 Tahun

Dewan Keamanan perpanjang mandat PBB untuk mengerahkan pasukan sementara di Lebanon selama 1 tahun

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Dewan Keamanan Perpanjang Mandat PBB untuk Mengerahkan Pasukan Sementara di Lebanon Selama 1 Tahun
Instagram @unifil_official
Misi perdamaian UNIFIL 

Dewan Keamanan Perpanjang Mandat PBB untuk Mengerahkan Pasukan Sementara di Lebanon Selama 1 Tahun

TRIBUNNEWS.COM- Dewan Keamanan perpanjang mandat PBB untuk mengerahkan pasukan sementara di Lebanon selama 1 tahun

Dewan Keamanan PBB, pada hari Rabu, memperpanjang mandat untuk Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) selama satu tahun, Anadolu Agency melaporkan.




Resolusi yang ditulis oleh Prancis tersebut menyerukan pembaruan mandat untuk periode 12 bulan hingga 31 Agustus 2025.

RUU ini memperoleh dukungan luar biasa di Dewan, dengan seluruh 15 negara anggota memberikan suara mendukung.

Nathalie Broadhurst, wakil perwakilan tetap Prancis untuk PBB, menyampaikan kepada Dewan sebelum pemungutan suara bahwa pembaruan mandat diusulkan “pada saat Blue Helmets berada di garis tembak, dan mereka melakukan pekerjaan luar biasa dalam situasi yang sangat sulit.”

Broadhurst mengatakan resolusi tersebut menyerukan diakhirinya permusuhan, dan meminta semua pihak untuk “mengambil langkah-langkah segera untuk bekerja menuju de-eskalasi sepanjang proses tersebut.”

BERITA TERKAIT

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel di tengah serangan lintas perbatasan antara Hizbullah dan pasukan Israel, sementara Tel Aviv terus melancarkan serangan mematikan terhadap Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.500 korban sejak Oktober menyusul serangan oleh kelompok Perlawanan Palestina, Hamas.

Dewan Keamanan PBB perbarui pasukan penjaga perdamaian di Lebanon

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu dengan suara bulat memilih untuk memperpanjang misi penjaga perdamaian yang telah berlangsung lama di Lebanon selama satu tahun lagi, tetapi sekutu Israel, Amerika Serikat, mengatakan perubahan harus dilakukan pada mandat operasi tersebut di masa mendatang.

Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) - yang dibentuk pada tahun 1978 - berpatroli di perbatasan selatan Lebanon dengan Israel. Mandat operasi ini diperbarui setiap tahun, dan otorisasinya saat ini akan berakhir pada hari Sabtu.

"Pemungutan suara bulat hari ini adalah bukti minat masyarakat internasional terhadap Lebanon," kata Wakil Duta Besar Lebanon untuk PBB Hadi Hachem kepada dewan.

"Ini adalah pesan yang jelas dari dewan terhormat Anda yang mendukung stabilitas dan gencatan senjata. Ini adalah isyarat harapan bagi semua warga Lebanon yang menolak perang, kekerasan, dan kehancuran, warga Lebanon yang ingin memberi kesempatan pada perdamaian," katanya.

Pemungutan suara oleh Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang terjadi hanya beberapa hari setelah kelompok militan Lebanon, Hizbullah, dan militer Israel terlibat dalam salah satu baku tembak paling intens antara mereka selama 10 bulan terakhir di tengah kekhawatiran bahwa perang Israel di Gaza akan menjadi konflik regional yang lebih luas.

Berbicara kepada wartawan sebelum pemungutan suara, Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu:

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas